Puluhan Anak di Surabaya Tega Telantarkan Orang Tuanya

Mbiyen cilik dimong, wes gede dibuwak

Surabaya, IDN Times - Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Anna Fajriatin menyebut 40 anak di Surabaya tega menelantarkan orang tuanya. Mereka mengajukan permohonan untuk menitipkan orang tua yang sudah lansia ke panti jompo UPTD Griya Werdha.

Anna mengatakan, tak semua pemohonan itu adalah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sebagain dari mereka tak mau mengurus orangtuanya, sehingga menitipkan ke Griya Werdha. 

"Saat ini, banyak yang sudah kirim ke saya. Yang buat pernyataan anaknya sendiri, menyatakan orangtuanya dirawat di panti Werdha. Kudu iling lah, ndisek cilik dirawat mosok saiki gak gelem ngerawat ibuke (harus ingat, dulu waktu kecil dirawat masak sekarang gak mau merawat ibunya)," ujar Anna, Senin (21/11/2022). 

Dari 40 surat permohonan itu, tak semua dikabulkan oleh Dinsos. Pihaknya masih harus melakukan survei, apakah benar anak-anak Lansia tersebut sudah tidak mampu untuk merawat orang tuanya. 

"Saya tidak serta merta mau ambil, tapi mendekati dulu ke orangtua. Kasihan, sebaik-baiknya perawatan itu ada di keluarga. Nanti kita bisa kasih permakanan," ungkap dia.

Ia mencontohkan fenomena yang pernah terjadi di salah satu wilayah kecamatan Surabaya. Saat itu ada seorang warga yang ingin menyerahkan orangtuanya ke UPTD Griya Werdha. Padahal warga tersebut tergolong keluarga yang mampu.

"Karena alasan istri mudanya yang tidak mau merawat, akhirnya orangtuanya diserahkan ke Griya Werdha. Itu kasihan orangtuanya, makan sampai dikasih tetangga. Akhirnya, sore harinya itu langsung kami ambil," ungkap dia.

Anna pun ingin membuka hati dan nurani masyarakat agar tak serta merta menyerahkan orang tua mereka ke Griya Werdha. Jika faktor ekonomi menjadi alasan, Pemkot Surabaya memastikan siap untuk memberikan intervensi kepada anak atau keluarganya.

Anna menambahkan, di sisi lain ada kasus keluarga yang tidak mampu, namun tak ingin orangtuanya dibawa ke Griya Werdha. Anak itu biasanya justru  minta orang tuanya untuk menjadi pengemis. 

"Ibunya itu, sama anaknya disuruh minta-minta (mengemis) sudah kami intervensi, anaknya gak mau. Kalau orangtuanya masuk situ (Griya Werdha)  siapa yang disuruh minta-minta," pungkas dia. 

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Mau Menyayangi Orangtua Pacar Layaknya Orangtua Sendiri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya