PKB Respons Ajakan PDIP untuk Berkoalisi pada Pilgub Jatim 2024

Berpeluang dukung Marzuki-Risma

Surabaya, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur merespons positif ajakan koalisi dari PDIP untuk Pilkada serentak di Jawa Timur. Dalam hal ini untuk mengusung KH Marzuki Mustamar dan Tri Rismaharini pada Pilgub Jatim 2024.

Ini menjadi angin segar bagi peta koalisi parpol. Saat ini sejumlah nama sudah masuk bursa untuk memeriahkan pilgub Jatim 2024.

1. PKB merasa Hasto mengapresiasi kemenangan PKB di Pileg Jatim

PKB Respons Ajakan PDIP untuk Berkoalisi pada Pilgub Jatim 2024Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim, Fauzan Fuadi mengatakan, pihaknya merasa senang dengan pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto yang menyatakan membuka diri untuk bekerja sama dengan PKB pada Pilgub Jatim 2024. Menurut Fauzan, Hasto telah mengapresiasi PKB sebagai partai pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) Jatim 2024. 

“Tentu saja kami senang, dalam hal ini Sekjen PDIP Pak Hasto telah mengapresiasi PKB sebagai pemenang pemilu legislatif di Jatim,” kata Fauzan, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga: Diarahkan Kaesang, Hendy Setiono Ambil Formulir di PSI Surabaya

2. PKB bekerja sama dengan PDIP di Pilkada Jatim

PKB Respons Ajakan PDIP untuk Berkoalisi pada Pilgub Jatim 2024ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/cottonbro studio)

Menurut Fauzan yang juga Bendahara DPW PKB Jatim ini, di sejumlah pilkada kabupaten dan kota, PKB dan PDIP juga bekerja sama. Seperti misalnya di Surabaya, Ngawi hingga Sumenep. 

“Terkait Pilgub Jatim 2024, untuk memberikan Jatim sosok yang terbaik, PKB harus siap berpasangan dengan siapa pun, termasuk dengan calon dari PDIP,” tuturnya.

3. PDIP berpeluang usung Marzuki-Risma

PKB Respons Ajakan PDIP untuk Berkoalisi pada Pilgub Jatim 2024Mensos Risma kunjungi pengungsi korban Marapi/dok Kemensos

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam Pilkada 2024 ini, partainya akan membuka diri dan bekerja sama dengan semua partai politik. Tak terkecuali dengan PKB yang menjadi pemenang dalam pemilu legislatif di Jawa Timur.

Menurut Hasto, PDIP memiliki segudang kader internal yang mumpuni untuk memimpin Jawa Timur seperti Tri Rismaharini, Azwar Anas, sampai Pramono Anung. Namun, PDIP tetap menghormati kepemimpinan PKB di sana.

“Kami memang menghormati (PKB) di Jawa Timur, di mana PKB sebagai pemenang pemilu legislatif tingkat provinsi di Jawa Timur. Ini adalah peta politik yang menjadi konsideran bagi PDI Perjuangan di dalam mengambil keputusan,” kata Hasto saat penutupan peringatan Bulan Bung Karno 2024 di gelar di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (30/6/2024).

Dia juga mengungkapkan, saat ini proses komunikasi secara intens yang dilakukan dengan PKB. Pengurus DPP PDIP seperti Ahmad Basarah dan Aria Bima terus melakukan komunikasi.

“Pak Said Abdullah sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Timur juga sangat aktif melakukan dialog-dialog di dalam membangun kesepakatan terhadap calon gubernur dan wakil gubernur.

Baca Juga: Eri Cahyadi Dapat Surat Tugas Bacawali Surabaya dari PSI

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya