Piala Adipura Diarak, Pemkot Surabaya Punya PR Sampah di Pasar

PD Pasar ke mana saja, nih?

Surabaya, IDN Times - Piala Adipura Kencana 2023 yang diperoleh Pemerintah Kota Surabaya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diarak, Rabu (6/3/2024). Meski bangga memperpoleh penghargaan tersebut, Kota Surabaya masih punya PR soal penanganan kebersihan di pasar. 

Arak-arakan tersebut dimulai pukul 10.30 WIB dimulai dari DBL Arena - Jl A Yani - Jl Darmo - Jl Basuki Rahmat - Jl Gubernur Suryo - Jl Yos Sudarso dan berakhir di Balai Kota Surabaya.Arak-arakan tersebut disambut sejumlah siswa yang telah berada di rute yang ditetapkan.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, penghargaan tersebut merupakan yang kedelapan kalinya diperoleh Pemkot Surabaya. Salah satu penilaian Surabaya bisa mendapat penghargaan tersebut karena pengelolaan sampah yang baik. 

"Penilain kemarin yang dilakukan KLHK juga ada profesional itu terkait pengolahan sampah yang dimulai dari rumah," ujar Eri. 

Selain itu, penilaian juga terkait dengan kebersihan di Tempat Pembuagan Sampah (TPS) sementara. Serta pengolaan sampah di TPS dengan konsep Reduce, Reuse, Recycle (3R). 

"Apalagi kami juga ada pengelolahan TPA Benowo (mengubah sampah jadi listrik)," jelasnya. 

Dengan adanya penghargaan ini, Eri Cahyadi  memastikan setiap RW menerapkan pemilihan sampah sejak dari rumah tiap warga. Agar maksimal, penerapan tersebut melalui program lomba smart city. 

"Kami targetkan pengolaham dari awal lomba smart city. Yang dinilai nanti kilogram sampahnya. Jadi RW yang jumlah sampahnya makin kecil maka terbaik," papar Eri.

Meski demikian, Eri menyebut dari segi kebersihan Pemkot juga masih memiliki pekerjaan rumah (PR). Salah satunya soal kebersihan pasar. 

"Karena pasar bukan punya Pemkot tapi juga milik PD Pasar. Sehingga kita mensyaratkan standart bagaimana itu pasar sesuai kebersihan yang diinginkan," terangnya. 

Pemkot Surabaya berencana akan memperbaiki semua pasar pada tahun 2025 mendatang. Pemkot juga mengalokasikan dana sebesar Rp 21,9 Miliar ke Perangkat Daerah (PD) Pasar untuk penataan dan perbaikan pasar.

"Tahun 2025, PD pasar harus memperbaiki semua pasar, yang nanti di bawah kendali Pemkot juga kita diperbaiki, salah satu yang kita perbaiki Pasar Karah," pungkas dia. 

Baca Juga: KAI DAOP 8 Surabaya Tambah 4 KA Jarak Jauh untuk Libur Nyepi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya