Pesan Khofifah di Depan Maba Unair: Jadi Pemimpin Mau Beradaptasi

Belajar sebaik-baiknya

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa hadir dalam pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga (Maba Unair), Rabu (14/8/2024). Di depan ribuan maba, ia berpesan agar mereka bisa menjadi pemimpin yang mau beradaptasi dengan perubahan.

Khofifah yang juga sebagai ketua Ikatan Alumni Unair (IKA Unair) mengatakan, maba Unair harus bersungguh-sungguh menuntut ilmu. Sehingga mereka bisa membanggakan Unair dan berkontribusi terhadap bangsa.

“Di Unair diajarkan akademik yang bagus dan juga unggul secara karakter. Ini bisa penguat untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa negara dan almamater tercinta,” ujar Khofifah. 

Dirinya berharap, maba bisa menjadi pemimin masa depan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan. Sebab menurutnya, menjadi pemimpin masa depan memiliki banyak tantangan.

"Jadilah game changer, yang adaptasi terhadap perubahan karena yang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri,” jelasnya. 

Sebagai warga Unair, maba harus menerapkan prinsip excellent with morality. Prinsip tersebut tak hanya sebagai jargon semata. 

"Excellent with morality jangan hanya sekedar jargon. Tapi bagaimana itu menjadi nafas dan ruh bagi semua prodi dan fakultas di Unair,” tutur Khofifah. 

Sementara itu, Rektor Unair, Prof Dr Moh Nasih menyampaikan, mahasiswa Unair harus belajar dengan serius dan sebaik mungkin agar bisa menjadi pemimpin hebat di masa depan. 

“Anda adalah putra-putri terbaik bangsa ini, gunakan kesempatan menjadi mahasiswa UNAIR sebaik-baiknya. Kita semua yakin jika Anda belajar dengan baik hari ini, maka Anda akan menjadi pemimpin-pemimpin hebat di hari esok,” ucap Nasih.

Bergabung menjadi bagian Ksatria Airlangga dan bisa belajar di salah satu universitas terbaik di dunia merupakan kesempatan yang tidak semua orang miliki. Oleh karena itu, mahasiswa baru Unair harus bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempelajari ilmu sebanyak-banyaknya. 

“Barang siapa yang ingin di dunia dan di akhirat bahagia, maka kuncinya adalah ilmu pengetahuan. Kunci untuk sukses adalah bagaimana kita memperoleh sebanyak-banyaknya ilmu pengetahuan,” tambah Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR itu. 

Setidaknya ada sebanyak 8.732 orang dikukuhkan menjadi mahasiswa baru di Universitas Airlangga, Rabu (14/8/2024). Ribuan mahasiswa itu terdiri dari program pendidikan sarjana, sarjana terapan, dan ahli madya.

Baca Juga: Proyek Reklamasi, Dosen Unair: Pemerintah Harus Lindungi Warga Pesisir

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya