Pertama Kalinya, Jalanan Kota Surabaya Dihiasi Ornamen Natal

Kota Surabaya rumah bagi semua agama

Surabaya, IDN Times - Untuk pertama kalinya, sepanjang jalan protokol kota Surabaya dihiasi ornamen Natal, mulai dari pohon Natal hingga kado Natal. Ornamen-ornamen itu terlihat di sepanjang jalan Sudirman, di depan Balai Kota Surabaya dan Alun-alun Surabaya. 

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, ornamen Natal ini dipasang untuk menunjukkan bahwa Surabaya adalah rumah bagi semua agama. Apalagi, Kota Surabaya masuk urutan keenam kota toleransi di Indonesia dan nomor satu di Jawa Timur. 

“Saya ingin tunjukkan bahwa bukan Suku Jawa saja, ada Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Minang dan lain-lain, dan ada agama berbeda-beda. Kita membentuk bineka, Saya sampaikan betapa indahnya kita di sana, duduk dan menjaga,” ujar Eri, Sabtu (17/12/2022). 

Eri menyebut, ornamen seperti ini bukan hanya waktu perayaan Natal saja. Nantinya ketika perayaan umat beragama lainnya juga akan dipasang ornamen. Seperti misalnya Hari Raya Waisak untuk umat Budha, maka akan dipasang ornamen-ornamen pagoda, atau ketika Hari Raya Idul Fitri juga akan dipasang ornamen ketupat. 

“Waktu hari raya-nya umat Hindu juga, kan indah hidup ini, kita ini beragam. Jadi saling melengkapi. Ini yang ingin saya bentuk, saya yakin ini bisa,” terang dia.

Sementara itu, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan ornamen Natal itu mulai dipasang pada Rabu (14/12/2022). Titik-titiknya berada di jalan Protokol Surabaya. 

“Kita lakukan di tempat yang protokol, Balai Kota, Jalan Panglima Sudirman, Basuki Rahmad kemudian ada beberapa,” terang dia.

Setidaknya sudah ada 18 lampu berbentuk pohon Natal yang telah dipasang. 24 lampu tersebut enam dipasang di Balai Kota, enam di Alun-alun Surabaya dan enam di Jalan Panglima Sudirman. Pemasangan hiasan Natal ini, saat ini masih berlansung. 

“Mulai pasang tanggal 14, tapi sekarang masih. Ada beberapa yang kurang,” pungkas dia.

Baca Juga: 6 Ornamen Natal Simpel yang Wajib Ada di Rumah, Jangan Terlewatkan!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya