Pemkot Surabaya Siapkan Festival Sambelan saat HJKS ke-732

Siap medesno wong sak Suroboyo

Surabaya, IDN Times - Setelah Festival Rujak Uleg sukses menarik hati warga Surabaya, Pemerintah Kota Surabay (Pemkot) Surabaya berencana untuk menggelar Festival Sambelan. Festival tersebut akan digelar pada peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-732 tahun 2025 mendatang.

Harapannya semakin banyak yang tahu tentang ragam kuliner, terutama sambal di Surabaya. Semua orang dapat mengikuti festival ini.

1. Kecintaan warga Surabaya akan pedas

Pemkot Surabaya Siapkan Festival Sambelan saat HJKS ke-732ilustrasi bubuk cabai untuk perasa pedas (pexels.com/Jana Ohajdova)

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, getaran festival tersebut tak lepas dari kecintaan warga Surabaya akan pedas. Sehingga, nantinya rangkaian event kuliner di HJKS, bukan cuma gelaran Festival Rujak Uleg, tetapi juga Festival Sambelan. 

"Ke depan kita juga sudah menghitung (festival) sambelan. Karena wong Suroboyo (orang Surabaya) suka sambelan. Jadi nanti bukan lagi rujak uleg saja, tapi ada macam-macam sambelan Suroboyo kita juga tampilkan," kata Eri.

2. Surabaya terkenal dengan beraneka ragam sambal

Pemkot Surabaya Siapkan Festival Sambelan saat HJKS ke-732daging sapi cabe ijo (YouTube.com/Devina Hermawan)

Eri menyebut, selain karena warga Surabaya gemar makan sambal, festival tersebut juga digelar karena Surabaya sangat terkenal dengan sambalnya. Apa lagi, ada berbagai macam sambal khas Surabaya yang bisa dinikmati. 

"Surabaya ini terkenal sambalnya, dengan pedas yang macam-macam. Sambalnya banyak. Nanti kita adakan Festival Sambelan, karena Surabaya dari dulu Surabaya terkenal sambalnya," tuturnya. 

3. Festival Sambelan juga ditargetkan masuk Karisma Event Nusantara

Pemkot Surabaya Siapkan Festival Sambelan saat HJKS ke-732ilustrasi cabai. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Lebih dari sekadar festival kuliner, Eri menargetkan Festival Sambelan masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN). Dengan demikian, momen KEN bukan hanya ada Rujak Uleg dan Parade Bunga, tetapi juga sambalnya.

"Karena yang kita masukkan KEN itu kan dua (event), ada Rujak Uleg sama Parade Bunga. Jadi nanti insyaallah kita juga masukkan lagi sambelan, di tahun depan kita adakan sambelan," pungkas dia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kedai Bakmie Lezat di Surabaya, Wajib Mampir!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya