Pemkot Surabaya Bolehkan Fashion Week di Tunjungan, Asalkan Sopan 

Fashion Show di zebra cross dilarang

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyatakan bahwa tidak melarang atau membatasi aktivitas dan kreativitas anak-anak muda, seperti menggelar kegiatan Fashion Week di kawasan wisata Tunjungan Romansa Kota Surabaya. Asalkan, tetap mengedepankan norma sosial.

1. Fashion show harus mengedepankan norma sosial

Pemkot Surabaya Bolehkan Fashion Week di Tunjungan, Asalkan Sopan Petugas Satpol PP Kota Surabaya membubarkan Tunjungan Fashion Week karena mengakibatkan kemacetan di Jalan Tunjungan. dok. istimewa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, Muhammad Fikser mengatakan, anak-anak muda yang ingin fashion show di Tunjungan harus tetap mengedepankan norma sosial. Dalam artian, mereka bisa menggunakan busana sesuai gendernya.

"Mereka bisa melakukan kreativitas di sepanjang pedestrian, agar tidak mengganggu aktivitas jalan umum atau tidak melakukan fashion show di zebra cross lagi. Tentunya, dengan menggunakan busana yang tetap mengutamakan norma sosial. Jika, dia laki-laki maka bisa menggunakan busana yang sepantasnya dan tidak berlebihan," kata Fikser sapaan akrabnya, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: Kronologi Tunjungan Fashion Week Dibubarkan Satpol PP 

2. Satpol PP akan menciduk jika tak sesuai norma

Pemkot Surabaya Bolehkan Fashion Week di Tunjungan, Asalkan Sopan Petugas Satpol PP Kota Surabaya saat menertibkan kegiatan Tunjungan Fashion Week di Jalan Tunjungan. dok. istimewa.

Jika, hal-hal tersebut masih terjadi di kawasan wisata Tunjungan Romansa, maka Satpol PP Kota Surabaya akan langsung melakukan penertiban. Hal ini dilakukan untuk menjaga norma sosial bermasyarakat, dengan tidak membatasi cara berekspresi anak-anak muda di Kota Pahlawan. 

"Kami tidak segan-segan membubarkan. Bahkan, akan kami secara tegas akan mengangkut mereka untuk dilakukan pembinaan dan pendampingan psikologis. Tentunya, akan ada treatment khusus, karena ini menjadi sorotan publik jika terdapat hal-hal yang bertentangan dengan norma sosial beragama," ujaranya. 

3. Penutupan jalan Tunjungan sedang dibahas

Pemkot Surabaya Bolehkan Fashion Week di Tunjungan, Asalkan Sopan Jalan Tunjungan/ Instagram @eventsuroboyo

Sementara, terkait dengan penutupan Jalan Tunjungan setiap hari Sabtu, Fikser menerangkan bahwa hal itu sedang dibahas. Artinya, jika ada proses penutupan jalan, maka akan ada kajian lebih lanjut agar ada pengalihan lalu lintas dan sosialisasi kepada masyarakat. Sebab, Pemkot Surabaya berkomitmen untuk tetap memberikan ruang kepada anak-anak muda dalam menyalurkan kreasi bakatnya.

“Koordinasi dengan Dishub Kota Surabaya, sampai saat ini belum ada rencana penutupan jalan. Tapi kalau ada event, tentunya akan ada sosialisasi kepada publik tentang pengalihan arus lalu lintas,” pungkasnya.

Baca Juga: Eri Bolehkan Fashion Week di Jalan Tunjungan, Asal Tidak Bikin Macet

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya