Pelawak Surabaya Eko Londo Masih Koma

Paru-paru luka dan alami pendarahan

Surabaya, IDN Times - Pelawak Surabaya, Eko Untoro atau yang dikenal dengan Eko Londo masih belum sadarkan diri paska kecelakaan pada Kamis (26/10/2023) silam. Saat ini Eko Londo masih menjalani perawatan intensif di ruang ICU RSUD Dr Soetomo. 

Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) Dr. Maulydia, dr., SpAn-TI., Subsp. TI (K) mengatakan, saat awal datang ke RSUD Dr Soetomo, kondisi Eko Londo sudah tidak sadar. Ia melihat, ada cairan di dalam mulut Eko Londo. 

"Dokter kemudian memasang selang napas dan disambung ke ventilator," ujar dokter Maulydia ditemui, Jumat (3/11/2023). 

Eko Londo kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium, CT Scan dan rontgent. Ternyata, Eko Londo mengalami patah tulang dada yang menyebabkan kerusakan pada paru-paru. 

"Itu cukup melukai paru-paru, kondisi ini di tahap awal sudah kelihatan dan itu juga memperberat perawatan," ungkapnya. 

Meski begitu, kini kondisi Eko Londo sudah cukup baik. Di awal datang pihaknya memberi oksigen 100 persen, kini pemberian oksigen sudah 40 persen. 

"Kita sudah tidak pakai obat penenang seperti awal, kita sudah stop, sekarang mulai ada pergerakan kecil. Sudah ada perbaikan walau kecil," jelas dia. 

Sementara itu, dokter beda saraf Pandu Wicaksono, dr., Sp.BS(K) menjelaskan saat awal tiba di RSUD Dr Soetomo, Eko Londo mengalami gegar otak berat. Kondisi kesadarannya sangat rendah bahkan mendekati koma. 

"Dengan bantuan tim menstabilkan napas dan jantung. Setelah stabil kita lakukan pemeriksaan tambahan CT Scan, laboratorium dan rontgent. Dari hasil CT Scan Ada pendarahan di otak tapi kecil karena ada benturan di kepala," ungkap dia. 

Dalam perkembangannya, kondisi Eko Londo sudah mulai membaik. Dia sudah mengalami gerakan-gerakan dan respon spontan. 

"Tapi belum ada komunikasi, kita menduga dengan CT Scan kepala, kerusakan bukan hanya pendarahan tapi sampai ke dalam sel-sel karena sangking hebatnya benturan, bisa terputus atau terpelintir mempengaruhi kesadaran memproses respon dari luar," jelas Pandu. 

Meski sudah mulai membaik, Pandu tidak dapat memastikan kondisi Eko Londo bisa seperti semula. Ia berusaha untuk memberikan yang terbaik pada Eko Londo. 

"Kalau ada sel tidak normal diperbaiki, paru-paru diberi obat untuk oksigen, dahak dikeluarkan terus dan diberikan obat penunjang," jelasnya.

Pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan pada bagian leher. Sebab, ada kecurigaan leher Eko Londo mengalami pergeseran. 

"Sementara masih observasi. Kita pikirkan untung dan rugi. Saat ini fokus memperbaiki kondisi saraf dan organ lainnya," pungkas dia.

Baca Juga: Pelawak Surabaya Eko Londo Kecelakaan 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya