PDAM Surabaya Siapkan 16 Tangki Air Antisipasi Gangguan Saat Lebaran

Pastikan tak ada pengerjaan box culvert

Surabaya, IDN Times - Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada menyiapkan 16 tangki air selama lebaran. Hal ini untuk mengantisipasi adanya gangguan pipa saat lebaran nanti.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Arief Wisnu Cahyono memastikan selama lebaran tak ada gangguan di setiap unit produksi PDAM. Dalam hal ini dirinya memastikan tidak ada pengerjaan box culvert yang dapat mengganggu aliran pipa PDAM 

"Mudah-mudahan selama Lebaran tidak ada pengerjaan box culvert. Mestinya seminggu sebelum Lebaran harusnya libur," ujar Arif, Rabu (3/4/2024). 

Untuk itu, dalam minggu ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya. Ia akan  mengimbauan pengerjaan box culvert selama lebaran agar dihentikan sementara. 

“Kita juga akan berkoordinasi dengan OPD, sebenarnya kita juga sudah melakukan imbau melalui kelurahan dan sebagainya, karena skalanya banyak, kami agak sedikit kerepotan,” sebutnya.

Meski begitu, PDAM Surya Sembada tetap melakukan antisipasi bila nantinya ada gangguan pada pipa. Pihaknya telah menyiapkan 16 tangki air untuk mengantisipasi adanya hambatan aliran selama lebaran.

“Tidak menunggu lebaran pun kami juga selalu standby, akan tetapi untuk lebaran ini kita lebih tingkatkan lagi jumlahnya. Karena kan galian-galian box culvert yang banyak dikerjakan oleh kelurahan-kelurahan, karena itu pengerjaanya menggunakan dana kelurahan. Maka dari itu, kita tingkatkan kapasitasnya," tuturnya.

Pihaknya juga memastikan, pada saat lebaran Idul Fitri 2024 nanti, pelayanan masih terus beroperasi seperti biasa. Pelayanan selama lebaran tetap dilakukan selama 24 jam.

“Tidak ada masalah, tetap sama seperti biasanya. Komplain juga tetap bisa dilayani,” kata dia. 

Arief menyampaikan kepada warga Surabaya, bagi yang berlangganan air PDAM Surya Sembada diharapkan dapat mengunduh aplikasi CIS (customer information system) melalui Playstore dan Appstore. Menurut Arief, aplikasi ini memudahkan pelanggan PDAM Surya Sembada, karena ada berbagai fitur pelayanan dan aduan di dalamnya. 

Diantaranya, ada fitur Catat Meter Mandiri, Pengaduan pelanggan, Pendaftaran pemasangan sambungan baru, Update informasi layanan PDAM, informasi tagihan air, pembayaran tagihan air, serta informasi lainnya.

“Dengan mendownload itu (aplikasi CIS) semua keluhan pembayaran apapun yang dibutuhkan oleh pelanggan, termasuk catat meter mandiri bisa melalui aplikasi sehingga lebih memudahkan,” pungkas Arief. 

Baca Juga: Janji Eri, 2024 Surabaya Bebas Air PDAM Keruh

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya