Pasar Turi Baru Surabaya Siap Dibuka Kembali

Siap-siap belanja di Pasar Turi lagi

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya bakal membuka kembali Pasa Turi Baru Surabaya. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan bahwa Pasar Turi Baru siap dibuka pada 22 Maret 22 nanti.

1. Eri sudah diskusi dengan beberapa pihak

Pasar Turi Baru Surabaya Siap Dibuka KembaliPemerintah Kota Surabaya saat melakukan pengecekan Pasar Turi Baru Surabaya, Rabu (2/3/2022). (dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Saat upacara peringatan hari PMK (Pemadam Kebakaran) kemarin, Selasa (1/3/2022), Eri menuturkan bahwa pihaknya sedang mendiskusikan persiapan permbukaan Pasar Turi dengan beberapa pihak, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Negeri (Kejari Surabaya). 

"Saya berharap semua pedagang pasar turi bisa menempati Pasar Turi, baik itu yang pedang baru atau lama," ujarnya. 

Permasalahan pasar Turi telah lama berlangsung, Ia tak ingin pedagang Pasar terus memgalami permasalahan yang sama. Sehingga ia meminta seluruh pihak untuk menurunkan ego demi pedagang di Pasar Turi. 

"Misal membayar service cash lebih besar saya juga gak mau, makanya saya terus pantau," ungkapnya.

Baca Juga: Tangani Banjir di Surabaya Utara, Eri Tunggu Saluran Pasar Turi

2. Pemkot lakukan pengecekan Pasar Turi

Pasar Turi Baru Surabaya Siap Dibuka KembaliPemerintah Kota Surabaya saat melakukan pengecekan Pasar Turi Baru Surabaya, Rabu (2/3/2022). (dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Pemerintah Kota telah melakukan pengecekan Pasar Turi, Rabu (2/3/2022). Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos mengatakan bahwa pengecekan dilakukan disemua lantai dan semua bagian.

"Demi mempercepat pengecekan, maka setiap lantai dicek oleh satu tim yang terdiri dari berbagai dinas," ujar Yos.

Setiap tim akan melakukan pengecekan hasil kajian kelayakan struktur bangunan dari Tim ITS, lampu penerangan gedung, perbaikan keramik lantai, dinding kaca pembatas void dan railingnya, ekskalator dan lift, fasilitas toilet dan kelengkapannya, sarana dan prasarana pemadam kebakaran, fasilitas ventilasi dan air conditioner seluruh gedung, fasilitas genzet dan perlengkapannya, fasilitas stand yang disiapkan (khusus pedagang Tempat Penampungan Sementara), dan fasilitas layak sehat (sanitasi dan tampungan air).

Dinas Perhubungan juga melakukan pengecekan lantai parkir dan ram, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga melakukan pengecekan terkait rekomendasi drainase, Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengecekan terkait IPAL dan lokasi TPS limbah B-3 serta proses persetujuan lingkungan, termasuk di dalamnya persetujuan teknik dan pemenuhan baku mutu air limbah. Tim-tim ini juga didampingi oleh pihak PT Gala Bumi Perkasa.

“Nah, setiap tim pengecekan sarpras bangunan ini dilengkapi form ceklist dari masing-masing perangkat daerah, sehingga nanti akan diketahui mana yang perlu diperbaiki dan mana yang sudah cukup baik,” urainya.

3. Pemkot Pastikan Pasar Turi Aman sebelum dioprasikan

Pasar Turi Baru Surabaya Siap Dibuka KembaliPemerintah Kota Surabaya saat melakukan pengecekan Pasar Turi Baru Surabaya, Rabu (2/3/2022). (dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Sebelum Pasar Turi Baru beroprasi kembali, ia memastikan seluruh sarana prasana gedung aman. Sehingga dalam pengecekannya itu, setiap tim membawa satu cek list, hasil pengecekan dari setiap tim akan dikumpulkan menjadi satu kesatuan dan akan dilaporkan kepada beberapa pihak.

"Kita bersama-sama ingin memberikan tempat yang aman dan nyaman bagi para pedagang maupun para pengunjung nanti," pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Horor Pasar Turi Lama di Surabaya, Sarang Makhluk Gaib!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya