Ornamen Ular Naga 20 Meter Bakal Hiasi Kota Surabaya

Bakal keren sih ini

Surabaya, IDN Times - Menyambut Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili yang jatuh pada Jumat, 9/2/2024, ornamen ular naga sepanjang 20 meter bakal menghiasi Kota Surabaya. Nantinya, ornamen tersebut akan diletakkan di depan Balai Kota Surabaya.

Koordinator Lapangan Dekorasi Kota Dinas Lingkugan Hidup (DLH) Surabaya, Rudi Hartono mengatakan, ular naga merupakan shio tahun 2024. Ornamen naga buatan DLH Surabaya ini berwarna emas dan merah, yang identik dengan Imlek. 

"Warganya, merah dan emas di tahun ini juga shio naga, harapannya tahun lebih baik lagi dari tahun sebelumnya," ujar Rudi, Selasa  (30/1/2024). 

Ornamen naga tersebut memiliki panjang 20 meter mulai dari kepala sampai ekor dengan tinggi 6 meter. Bahannya terbuat dari kerangka besi dan dibungkus dengan kain. 

"Dalamnya dikasih lampu agar malam hari terlihat menyala," ungkap dia. 

Proses pengerjaan ornamen tersebut kini sudah mencapai 90 persen. Tinggal melukis pada bagian leher lalu menggabungkan antara bagian satu dengan lain sehingga membentuk naga. 

“Pengerjaannya butuh waktu 14 hari,  kesulitannya membentuk kerangka dari besi itu, cuaca juga menjadi faktor lamanya pengerjaan, karena ini kan harus dilem dan lukis satu-satu,” jelasnya. 

Selain ornamen naga, ornamen Imlek lainnya juga bakal menghiasai sudut Kota Pahlawan. Ada yang dipasang Balai Pemuda, Bambu Runcing, Panglima Sudirman, hingga Kya-kya Kembang Jepun. 

“Di Balai Pemuda dan Kya-kya temanya gapura, terkesan seperti tempat ibadah orang Khonghucu. Kalau di Panglima Sudirman dihiasi lampu-lampu china,” pungkas dia. 

Baca Juga: 5 Variasi Teh yang Cocok untuk Acara Perayaan Imlek

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya