Libur Lebaran, Pemkot Surabaya Sebut Wisatawan Naik 100 Persen

Tapi wisawatan di KBS menurun

Surabaya, IDN Times - Selama momen libur Lebaran, masyarakat memanfaatkannya untuk pergi berwisata. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung pada momen Lebaran 2024 ini meningkat 100 persen dibanding 2023 lalu. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya Hidayat Syah menyebut tahun lalu, jumlah wisatawan di Surabaya berada di angka 100 ribu pengunjung. Sementara di tahun ini mencapai 200 ribu pengunjung. 

"Tahun kemarin (tahun 2023) 100-an (ribu pengunjung) sekarang (tahun 2024) 200-an  (ribu pengunjung) naik 100 persen,” kata Hidayat, Rabu (17/4/2024).

Hidayat menyebut dari 200 ribu wisatawan tersebut, mayoritas mereka memilih berlibur di pusat perbelanjaan atau mal. Sisanya ke tempat wisata seperti Kebun Binatang Surabaya (KBS) hingga Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran. 

 "Hampir semua mal ramai karena pas dengan Surabaya shoping festival jadi banyak yang ke sana,” ujarnya.

Menurutnya, wisatawan yang berkunjung ke mal adalah mereka yang ingin pergi berbelanja dan wisata kuliner. Sementara, wisatawan yang pergi ke tempat wisata seperti Kenjeran dan KBS adalah pengunjung yang ingin menikmati suasana berlibur di alam. 

" Kalau mereka mau liburan, beli sesuatu, makan, mereka ke mal tapi kalau mereka mau liburan saja mereka ke Kenjeran," jelas dia. 

Hidayat menuturkan, meski pun jumlah wisatawan di Surabaya pada momen Lebaran tahun ini meningkat, justru di KBS malah menurun. Menurut analisanya, penurunan ini karena masyarakat banyak yang melakukan mudik. 

"Yang menurun itu KBS, wisata yang lain (pengunjung) naik. Soalnya orang banyak pulang kampung, kalau dulukan masih dianjurkan untuk tidak pulang dulu,” pungkas dia.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Surabaya yang Bisa Bikin Kamu Makin Pintar!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya