KPU Pastikan TPS di Surabaya Ramah Disabilitas

Yang tuna netra ada kertas suara khusus

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya memastikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Surabaya ramah disabilitas. Setiap TPS akan mudah dijangkau para penyandang disabilitas. 

Komisioner KPU Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Subairi mengatakan, syarat TPS haruslah aksesibilitas bagi para disabilitas. Misalnya, TPS berada di tempat datar dan tidak berada di gedung. 

"Gak ada TPS di gedung, untuk mempermudah temen-temen disabilitas. TPS harus datar, untuk temen-temen disabilitas yang pakai kursi roda, harus ada di tanah lapang," ujar Subairi. 

KPU juga telah menyediakan surat suara khusus bagi penyandang disabilitas tuna netra. Sehingga mempermudah mereka untuk bisa mencoblos. 

"Juga disiapkan surat suara untuk (disabilitas) tuna netra," sebut Subairi. 

Dia menyebut di Surabaya tak ada percontohan TPS khusus disabilitas. Dalam hal ini, KPU memastikan, semua TPS di Surabaya ramah disabilitas. 

"Semuanya (TPS ramah disabilitas) gak ada percontohan (TPS tertentu)," kata Subairi. 

Tak cuma mengedepankan aksebilitas bagi disabilitas, KPU juga menerima penyandang disabilitas sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Mereka ditempatkan di beberapa TPS. 

"KPPS yang daftar di kita itu ada beberapa temen-teman disabilitas. Seperti Wonocolo, Sukomanunggal, terus Wonokromo itu ada KPPS disabilitas, Jadi gak hanya akses TPS, untuk menjadi subyek, penyelenggara tingkat KPPS kita sangat ramah," pungkas dia

Baca Juga: Surabaya Timur Hujan Deras, Banjir Sampai Masuk Rumah Warga

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya