Kebakaran Apartemen Pakuwon Merambat 13 Lantai, Petugas Kesulitan 

Kesulitan karena masih berupa proyek

Surabaya, IDN Times - Kebakaran proyek Apartemen Pakuwon City yang terjadi pada Rabu (21/2/2024) pagi merambat hingga 13 lantai. Petugas mengalami kesulitan memadamkan api karena lokasi kebakaran masih berupa proyek dan tidak ada hidran. 

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya Bambang Vistadi mengatakan, dirinya baru menerima laporan pukul 08.33 WIB dan langsung meluncurkan 20 unit mobil pemadam kebakaran. 

"Gedung proses pembangunan. Ketika datang kesini hanya mengandalkan apar daru proyek maupun unit kami pemadaman perlantai," ujar dia ditemui di lokasi.

Bambang menjelaskan, titik awal api mulai terlihat di lantai 5. Kebakaran kemudian merambat hingga ke lantai 17 atau berdampak hingga 13 lantai. "Info awalnya api hanya lewat kabel proyek, ternyata masuk di dalam antar gedung. Sehingga pengecekan gedung, titik akhir sampai lantai 17," jelasnya. 

Tepat pukul 10.57 WIB,  kebakaran sudah mulai bisa dikendalikan. Petugas hanya melakukan pembasahan saja. "Cek di lantai 17 aman. Sekarang proses pembahsahan dengan bronto menggunakan air, karena suhu tinggi," jelasnya.

Bambang menyebut, petugas pemadam dalam melakukan proses pemadaman cukup sulit. Hal ini karena gedung masih berupa proyek dan tak ada hidran di dalam gedung. 

"Kesulitan cukup sulit gak ada hidran, jadi petugas naik bronto step by step," ungkap dia. 

Dirinya menambahkan, proyek pembanunan masih berjalan karena antara titik kebakran dengan pekerjaan pembangunan proyek cukup jauh. Sehingga para pekerja dirasa tetap aman melakikan pembangunan. 

"(Aktivitas pembangunan ttp berjalan) mrambatannya cukup jauh. Bangunannya terpisah. Aktivitas (pembangunan) masih bisa dilakukan," pungkas dia. 

Sementara itu, Marketing Director PT Pakuwon Jati Tbk, Sutandi Purnomo Sido mengatakan, apartemen yang terbakar merupakan proyek apartemen Bella. Apartemen berupa proyek dan belum beroperasi. "Api di Proyek apartemen Bella di Kawasan Pakuwon City berasal dari short circuit panel listrik untuk pekerjaan proyek, saat ini sudah padam dan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini," kata dia. 

Baca Juga: Apartemen di Pakuwon City Kebakaran

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya