KBS Punya Keluarga Baru, Anak Gajah Bernama Rocky Balboa

Halo Rocky Balboa

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya saat ini telah memiliki keluarga baru yakni seekor anak gajah yang baru berusia dua bulan. Bayi tersebut oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi diberi nama Rocky Balboa.

Bayi gajah Sumatra jantan ini adalah hasil  perkawinan induk betina bernama Lembang dengan induk jantan Doa. Rocky juga merupakan adik dari gajah bernama Gonzales.

Eri mengatakan, nama Rocky Balboa diambil dari sebuah judul film yang mengisahkan seorang petinju asal Amerika Serikat. Dirinya berharap nama diberikan menjadi doa bagi anak gajah yang berbobot hampir satu kwintal itu, supaya tumbuh kuat dan sehat.

"Ini umurnya sudah sekitar dua bulan, semoga anak gajah ini sehat, kuat dan bisa bertumbuh dewasa di KBS. Alhamdulillah keadaan anak gajah ini sehat dan kuat, maka dari itu kita berikan dia nama Rocky Balboa," ujar Eri.

Sementara itu, Direktur Utama KBS Chairul Anwar mengungkapkan, kelahiran Rocky telah ditunggu selama tiga tahun belakangan setelah kematian anak gajah bernama 'Dumbo' pada 2021 lalu. Beratnya saat ini sudah mendekati 1 kwintal dan ketika lahir berat badannya sekitar 15-20 kg. 

"Tadi sudah diberikan nama oleh Pak Wali Kota. Namanya Rocky karena dia pejantan dan kelihatan lebih gagah. Anak gajah ini lahir setelah Dumbo yang meninggal sekitar tiga tahun lalu," kata Chairul.

Chairul Anwar menyebut, Rocky akan diperkenalkan ke masyarakat secara resmi pada 31 Agustus 2024 mendatang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) KBS. Dalam launching anak gajah tersebut, KBS akan memberikan informasi detail mengenai kelahiran Rocky.

"Nanti akan dilauching bersama Pak Eri Cahyadi. Saat ini, kita jaga betul Rocky karena belum boleh berkomunikaai dengan masyarakat luas. Perkembangannya sangat bagus dan fisiknya juga bertumbuh dengan baik," jelasnya

Di KBS sendiri terdapat enam koleksi gajah, yang terdiri dari 3 jantan dan 3 betina. Termasuk Rocky dan orang tuanya. 

Chairul Anwar menuturkan, perkembangbiakan gajah di KBS  tak mudah. Sebab membutuhkan waktu yang lama.

"Di kandungan hampir mirip manusia tapi bisa lebih, manusia 9 bulan, kalau gajah 11-12 bulan baru lahir. Proses menuju kelahiran agak sensitif, harus ada karantina khusus agar tidak terkontaminasi," pungkasnya.

Baca Juga: Eri Marah, Pengunjung KBS Ditarik Parkir hingga Rp35 Ribu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya