Kajian di Surabaya Ditolak GP Ansor, Ustaz Syafiq Basalamah Minta Maaf

"Semoga Allah berikan hidayah,"

Surabaya, IDN Times - Pendakwah Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah minta maaf lantaran kajian yang menghadirkan dirinya di Masjid Asslam Purimas Surabaya, Kamis (22/2/2024) batal digelar. Hal ini karena pengajian tersebut mendapat penolakan dari Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar Surabaya.

Lewat akun Instagramnya, Ustaz Syafiq Basalamah mengatakan, dirinya sudah tiba di Surabaya sejak pukul 13.00 WIB. Ia telah siap mengisi kajian yang dijadwalkan akan digelar selesai salat maghrib yakni pukul 18.30 WIB. Namun, kajian tersebut batal.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, jemaah rahimakumullah, buat temen-temen yang sudah hadir di Masjid Assalam, ana tadi berangkat jam 1 sudah nyampe sebelum magrib dengan harapan bisa isi kajian, tapi ternyata takdir Allah berkata lain," ujar dia.

Atas pembatalan kajian tersebut, Ustaz Syafiq Basalamah memohon maaf kepada jemaah yang hadir. "Ana mohon maaf atas ketidaknyamanan ini buat temen-temen semuanya," kata dia.

Ia mengatakan, meski mendapat penolakan, langkah jamaah untuk datang ke masjid merupakan hal yang baik. Hal baik tersebut akan dicatat sebagai pahala.

"Tapi yang jelas langkah antum ke rumah Allah, capek lelah dan detik-detik yang antum luangkan untuk hadir di kajian itu akan ditulis pahala untuk antum InsyaAllah dan semoga diangkat derajat antum dan diantarkan ke surga Allah," ungkapnya.

Meski tak bisa mengisi kajian di Surabaya, Ustaz Syafiq bilang, jemaah masih bisa bertemu di lain kesempatan. "InsyaAllah kita ketemu di lain waktu," kata dia.

Ia juga mengungkapkan, bulan ramadan sudah dekat, ia berdoa agar semua jemaahnya bisa bertemu dengan bulan ramadan. Dirinya juga berdoa agar mereka yang menolak bisa mendapatkan hidayah dari Allah.

"Semoga Allah menyampaikan kita ke bulan ramadan dan semoga Allah berikan hidayah kepada teman-teman kita yang mungkin masih belum faham, berbaik sangka kepada mereka," pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, kericuhan terjadi saat pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya menolak pengajian yang dihadiri Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya  Kamis (22/2/2024) pukul 18.30 WIB. GP Ansor menolak karena Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah dianggap memecah belah dan mengandung ujaran kebencian.

Baca Juga: Ricuh, Ansor Tolak Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah di Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya