KAI Daop 8 Surabaya Nambah 2 KA Jarak Jauh dan Rute Baru

Ada promo juga, loh!

Surabaya, IDN Times - Saat diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada 1 Juni 2023 nanti, KAI Daop 8 Surabaya bakal mengoperasikan 2 KA jarak jauh baru yang sebelumnya tidak ada di Gapeka 2021. Dua KA tersebut yaitu: KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir (PP) dan KA Pandalungan relasi Jember – Surabaya – Gambir (PP).

1. KA Argo Semeru terdiri dari 9 kereta eksekutif

KAI Daop 8 Surabaya Nambah 2 KA Jarak Jauh dan Rute Baru

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan, KA Argo Semeru terdiri dari 9 kereta eksekutif dengan jam keberangkatan pukul 09.05 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, datang di Stasiun Gambir pukul 19.40 WIB dan beroperasi setiap hari.

"KA Argo Semeru terdiri dari 9 kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 450 penumpang," ujar dia. 

Baca Juga: Waktu Perjalanan KA DAOP 8 Makin Singkat, Cek Jadwal Terbaru!

2. KA Pandalungan beroperasi akhir pekan

KAI Daop 8 Surabaya Nambah 2 KA Jarak Jauh dan Rute BaruSuasana Stasiun Surabaya Gubeng. Dok. Daop 8 Surabaya.

Kemudian untuk KA Pandalungan, pada tahap awal akan beroperasi pada akhir pekan, jadwal dari Surabaya Pasarturi tujuan Gambir dengan jam keberangkatan pukul 19.05 wib dan dari Surabaya Pasarturi tujuan Jember dengan jam keberangkatan pukul 06.48 wib.

"Sedang KA Pandalungan terdiri dari 8 kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 400 penumpang," kata dia. 

Pengoperasian KA Argo Semeru dan KA Pandalungan merupakan KA jarak jauh terbaru yang beroperasi pada Gapeka 2023. KA Argo Semeru menawarkan alternatif perjalanan KA kelas eksekutif Surabaya Gubeng - Gambir lewat jalur selatan pada pagi hari, dengan waktu tempuh 10 jam 35 menit. 

Sedang KA Pandalungan, dengan relasi Jember – Surabaya – Gambir menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh. 

3. Ada promo untuk KA Argo Semeru dan Pandulangan

KAI Daop 8 Surabaya Nambah 2 KA Jarak Jauh dan Rute Baru

Luqman menambahkan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Argo Semeru dengan harga Rp250.000,- dan KA Pandalungan seharga Rp300.000,. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023.Masyarakat dapat memiliki tiket promo tersebut dengan melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access maupun mitra resmi KAI lainnya mulai H-30. 

“Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” tutup Luqman Arif.

Baca Juga: 195 Kereta Api DAOP 8 Surabaya untuk Angkutan Lebaran Diperbaiki

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya