Kaesang Mulai Kampanye di Jatim, Target Satu Dapil Satu Kursi

Realistis aja katanya

Surabaya, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mulai melakukan kampanye politik di Jatim, Sabtu (2/12/2023). Ia menargetkan perolehan suara di Jawa Timur satu daerah pemilihan (dapil) satu kursi. 

Kaesang mengatakan, kunjungan ke Surabaya merupakan agenda pertamanya setelah KPU meresmikan kampanye Pemilu 2024 dimulai. Rencananya ia akan berkunjung ke 11 Kabupaten/kota di Jatim

"Iya ini agenda pertama kami untuk setelah diresmikannya berkampanye yaitu datang ke Jatim, (berkunjung di) 11 kota/kabupaten," ujar Kaesang ditemui usai kegiatan dialog bersama pengusaha dan pendeta tiga aras di Empire Palace Surabaya. 

Kaesang menyebut, target PSI di Jawa Timur adalah per dapil satu kursi. Untuk kabupaten/Kota dua kursi. 

"(DPR RI) satu kursi perdapil. Ya realistis saja, (daerah yang menjadi target) semua, Surabaya, Sidoarjo," kata dia. 

Sementara itu, Ketua DPD PSI Surabaya, Erick Komala mengatakan, targetnya adalah melipat gandakan kursi di DPRD Surabaya. Saat ini PSI Surabaya yang duduk di parlemen ada empat orang, di 2024 angka tersebut diterget meningkat jadi delapa orang. 

"Jadi dengan adanya Ketum baru, mesin baru target kita, kita naikkan. Kemarin itu lima atau enam kita optimis bisa melipat gandakan," ungkap dia. 

Dia optimis target tersebut bisa tercapai, apalagi setelah Kaesang menjadi Ketum. Dengan bergabungnya Kaesang di PSI sangat berdampak pada jumlah anggota baru yang bergabung di PSI. 

"Kemarin saja kita diangka 2000, kita waktu bikin acara seremonialnya. Tapi tiap harinya ada 20-an yang datang ke kantor untuk bikin KTA PSI," jelasnya. 

Ditanya mengenai isu dinasti poltik yang saat ini dilekatkan kepada keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo, hal itu tak memengaruhi elektabiltas PSI. 

"Saya rasa tidak pengaruh, Karena sebenarnya itu tidak dinasti, pekerjaan ayahnya dokter, anaknya juga dokter, bapaknya pendeta anaknya juga pendeta, apakah itu dinasti, saya rasa tidak," pungkas dia.

Dalam Jadwalnya selain Surabaya, dia akan berkunjung ke Lamongan dan Tuban. Di Surabaya Kaesang bertemu dengan pengausaha dan pendeta.

Sedangkan ke Lamongan Kaesang akan Ngobrol Santai dengan Tokoh Lintas Ormas dan Komunitas dan Sholawat Kebangsaan Bersama Habib Reza Alhadad di Sport Center Lamongan Jalan Basuki Rahmat, Kabupaten Lamongan. Lalu melakukan silaturahmi ke Habib Hussein Baagil dan Ziarah Sunan Bonang, Tuban. 

Baca Juga: Kaesang Siap Tampung Gibran di PSI Jika Sudah Balikin KTA PDIP

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya