KA Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo, KA Argo Wilis Terhambat

Harusnya tiba pukul 15.15 WIB

Surabaya, IDN Times - Kereta Api (KA) Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng- Gambir anjlok di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (17/10/2023). Anjloknya KA tersebut mengakibatkan KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya terhenti. 

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan saat ini petugas yang berada di lokasi sedang berupaya mengevakuasi KA Argo Semeru (KA 17) dan menormalisasi jalur agar dapat dilalui kembali.

Luqman menjelaskan, akibat insiden itu hingga pukul 15.15 wib, KA Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng, mengalami keterlambatan karena terdampak. KA tersebut harusnya tiba pukul 17.35 WIB. 

"KA Argo Wilis mengalami keterlambatan kedatangan dari yang seharusnya tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 17.35 wib," jelasnya.

Luqman memastikan, keberangkatan KA jarakjauh lainnya dari wilayah Daop 8 masih sesuai jadwal. Baik itu dari Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang. 

"Kami akan terus berkordinasi dan menyampaikan informasi terbaru terkait perjalanan KA dari dan tujuan Surabaya," tambahnya.

Pihaknya pun memohon maaf atas dampak yang ditimbulkan dari insiden kereta anjlok ini. 

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengonfirmasi peristiwa anjloknya KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan KA 6 Argo Wilis relasi Bandung -Surabaya Gubeng di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates, Selasa (17/10/2023) pukul 13.15.

KAl sampai saat ini masih mengevakuasi para penumpang di dua kereta api tersebut.

"Kedua jalur rel antara Wates - Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAl saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut," kata EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times. 

Baca Juga: KA Argo Wilis Serempet KA Argo Semeru yang Anjlok di Kulon Progo

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya