Jelang Piala Dunia U-20 2023, Pemkot Surabaya Mulai Percantik Wisata

Mulai susur sungai sampai Kya-kya

Surabaya, IDN Times - Menjelang Piala Dunia U-20 2023, Pemerintah Kota Surabaya mulai mempercantik kawasan wisata. Kawasan wisata yang dipermak antara lain sungai Kalimas, Kya-kya, Alun-alun Surabaya, Tugu Pahlawan hingga Tunjungan Romansa.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, kawasan wisata susur sungai akan diperpanjang rutenya. Rute susur sungai akan ditambah sampai ke Peneleh, agar wisatawan bisa lebih lama menikmati indahnya Surabaya dari sungai Kalimas. 

“Tahun ini kita lebih banyak penguatan. Seperti susur Kalimas itu kita tingkatkan daya tariknya dengan menambah rute, yang tadinya dari Monumen Kapal Selam hingga Museum Siola, kini diperpanjang sampai ke kawasan Peneleh,” kata Wiwiek, Selasa (17/1/2023).

Kemudian kawasan Kya-kya dan wisata Religi Ampel juga akan dipercantik. Dalam waktu dekat, Disbudporapar Surabaya bakal menginisiasi wisata kawasan Eropa. Wisata kawasan Eropa itu meliputi gedung-gedung kuno yang ada di sekitar Jembatan Merah, Taman Jayengrono, Gedung Cerutu, Jalan Mliwis, Pabrik sirup tertua di Surabaya, Kantor Polrestabes hingga ke Gedung Singa. 

“Nah, wisata-wisata itu ke depannya akan tersambung, dari kawasan Eropa, Pecinan hingga ke Ampel. Kami juga berkolaborasi dengan teman-teman komunitas dan pegiat sejarah,” ujarnya. 

Upaya mempercantik wisata ini bukan hanya untuk menarik wisatawan lokal, akan tetapi juga mancanegara. Termasuk untuk menyambut gelaran Piala Dunia. “Untuk saat ini kami matangkan dulu konsepnya, kita kuatkan lagi destinasi wisata yang sudah ada. Itu kita maksimalkan,” pungkasnya. 

Baca Juga: Menpora Sebut GBT Masih Venue Piala Dunia U-20 2023

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya