Jelang Penutupan Jalur NRS PPDB SMP Surabaya, 10.869 Peserta Mendaftar

Kuotanya hanya 2.600

Surabaya, IDN Times- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri jalur prestasi nilai rapot sekolah (NRS) ditutup pada Rabu (26/6/2024) pukul 23.00 WIB. Sebanyak 10.869 peserta telah mendaftar per tanggal 26 Juni 2024 pukul 11.48.

Sementara itu, kuota NRS sekitar 15 persen dari total peserta, yakni 2.600 siswa. Terlihat animo masyarakat cukup tinggi untuk mendaftarkan anaknya melalui jalur ini.

1. Animo pendaftar jalur NRS cukup tinggi

Jelang Penutupan Jalur NRS PPDB SMP Surabaya, 10.869 Peserta Mendaftarilustrasi berkas (Pixabay.com/Mohamed_hassan)

Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan, animo masyarakat mendaftar PPDB jalur NRS cukup tinggi. Ia pun menyiapkan berbagai hal agar orangtua 

"Ya memang kalau bilang animo kita kembali pada tadi mudah-mudahan anak sekolah dan siswa ini kan kita sesuaikan pada peringkat-peringkat di sekolah masing-masing, makanya kita siapkan statistik jumlahnya berapa yang daftar," ujar Yusuf, Rabu (26/6/2024).

Yusuf menjelaskan, penilaian nilai rapor disesuaikan pada satuan pendidikan masing-masing. Diharapkan setiap santuan pendidikan menilai dengan objektif.

"Saya yakin, penilaian kita serahkan ke satuan pendidikan, mudah-mudahan itu kan kita rata-rata, mulai kelas 4 sampai kelas 6, itu harapan kami betul-betul objektif juga. Kan tiap kelas itu ada perubahan tersebut," ungkap dia. 

Baca Juga: Surabaya Dicanangkan Jadi Kota Layak Sehat Internasional

2. Siswa yang tidak diterima bisa daftar jalur zonasi

Jelang Penutupan Jalur NRS PPDB SMP Surabaya, 10.869 Peserta MendaftarPendaftaran berkas PPDB di SMAN 1 Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Yusuf berharap, bagi siswa yang nantinya tidak diterima jalur NRS agar tidak berkecil hati. Sebab, masih ada jalur zonasi yang bisa diikuti mulai Senin (1/7/2024). 

"Jangan kecil hati. Mudah-mudahan kita sudah nyiapin jalur zonasi. Kan bisa ikut jalur zonasi," ungkap diam 

Menurut Yusuf, jalur zonasi di tahun ini juga lebih baik dari tahun lalu. Sehingga, peserta didik yang rumahnya dekat dengan sekolah tak perlu terlalu khawatir tidak diterima di sekolah negeri.

"Kalau dulu kan gak ada prosentase, dia gak punya harapan, nah yang tahun ini kita beri harapan, misalnya 20 persen kelurahannya itu kan 4, berarti per kelurahan dapat 5 persen," jelasnya. 

2. PPDB jalur afirmasi dan prestasi sudah ditutup

Jelang Penutupan Jalur NRS PPDB SMP Surabaya, 10.869 Peserta Mendaftarilustrasi berkas (unsplash.com/Amina Atar)

Untuk diketahui, PPDB SMP Surabaya, jalur afirmasi keluarga misikin (Gamis) atau Pra Gamis telah menerima 4.439 peserta. Afirmasi jalur perpindahan tugas 140 peserta.

Jalur prestasi penghafal kitab suci 68 peserta, dan jalur prestasi lomba 1.662 peserta.

Bagi siswa Gamis dan Pra Gamis yang tidak diterima di jalur afirmasi ataupun zonasi, siswa bisa mendaftar di sekolah swasta. Siswa akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan sekolah di negeri, seperti biaya gratis hingga seragam dan perlengkapan yang juga gratis.

"Jadi yang gamis pra gamis itu satu daftar zonasi pun intervensiny sama, kalau di swasta pun intervensinya sama. Gratis, perlengkapan sekolah dapat," pungkas dia.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya: Sanksi untuk Pegawai yang Terlibat Judi Online

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya