HMI Surabaya Suarakan Pilpres Satu Putaran

Satu putaran untuk menjaga stabilitas politik nasional

Surabaya, IDN Times - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surabaya mendukung Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dilakukan satu putan. Hal itu mereka sampaikan saat berorasi dan deklarasi 'Pilpres Satu Putaran' di depan Balai Pemuda Surabaya, Jumat (2/2/2024). 

Ketua HMI Cabang Surabaya, Azam Purwoaji mengatakan, dukungan tersebut atas dasar kajian yang telah dilakukan HMI. "Tradisi membaca, menulis, mengkaji, dan kemudian termanifestasi dalam sebuah suara aksi menjadi landasan sikap HMI Cabang Surabaya dalam mempertegas standing position," ujar Azam. 

Hasil kajian internal HMI Cabang Surabaya memuat substansi perlunya Pilpres terlaksana dalam satu putaran untuk menjaga stabilitas politik nasional. Selain itu juga dan meminimalisir polarisasi politik. 

"Polarisasi politik dapat mengakibatkan pembelahan atau perpecahan yang tajam di masyarakat," ungkap dia. 

Azam menegaskan, orasi ini tidak memihak Capres dan Cawapres manapun. Menurutnya, generasi muda yang menjadi mayoritas pemilik suara serta seluruh rakyat Indonesia dalam menghadapi Pilpres 2024 ini sudah sangat siap dan sudah sangat cerdas, tidak akan mengulangi sejarah terjebak dalam jurang polarisasi politik yang tajam seperti pilpres-pilpres sebelumnya.

"Sehingga kami menawarkan suatu ide dan gagasan yang termanifestasi dalam produk deklarasi pilpres satu putaran untuk menjaga stabilitas politik nasional, meminimalisir polarisasi politik, dan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional lebih baik pasca Pilpres," sebutnya. 

Deklarasi HMI Cabang Surbaya tidak hanya berbicara Pilpres satu putaran yang disertai dengan dasar kajian, akan tetapi narasi dan ajakan perlunya semangat partisipasi pemilu Gen Z menjadi poin yang menarik dan perlu di suarakan, sebab mereka adalah pemilik mayoritas suara di Pemilu 2024 sekitar 56 persen suara dari total pemilih. 

“Mayoritas pemilih muda menjadi komoditas politik yang menentukan, Maka dari itu, mari kita gaungkan semangat Gen Z geruduk TPS untuk menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani tanpa intervensi pihak manapun dalam menentukan transfer kepemimpinan nasional guna menghasilkan strong leader yang sesuai dengan basic demand bangsa Indonesia kedepannya," pungkas Azam. 

Adapun isi deklrasi HMI Cabang Surabaya tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Mendorong Pilpres 2024 satu putaran dengan tujuan menciptakan stabilitas politik nasional dan meminimalisir polarisasi politik di tengah Masyarakat.

2. Mengajak generasi milenial dan Gen Z untuk mengawal Pilpres 2024 satu putaran dengan prinsip Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (LUBERJURDIL).

3. Mengajak generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani guna menentukan estafet kepemimpinan bangsa kedepan yang lebih baik, serta memperkuat persatuan dan kesatuan nasional dalam menghadapi Pilpres 2024.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya