Gempa M4,4 Mengusik Makan Sahur Warga Bawean

Semoga lekas mereda

Gresik, IDN Times - Dalam satu malam sejak Senin (25/3/2024) hingga Selasa (26/3/2024) dini hari Pulau Bawean diguncang gempa 6 kali. Warga pun merasa keretakutan. 

Pantauan IDN Times di Desa Suwari, Kecamatan Sangkapura getaran terasa pada pukul 04.05 WIB. Data BMKG, gempa berkekuatan magnitudo 4,4. 

Saat itu, warga yang sedang mengungsi di depan rumahnya tengah menyelesaikan makan sahur. Tiba-tiba merasakan getaran. 

"Gempa, gempa," teriak warga kemudian lari menjauh dari bangunan. 

Salah satu warga Desa Suwari, Nurlaila (62) mengatakan, ia telah merasakan enam kali gempa sejak pukul 18.00 WIB pada Senin (25/3/2024). Bahkan, setiap satu jam sekali, warga merasakan gempa. 

"Satu malam sudah enam kali gempa. Dari habis makhrib, jam 8 malam, jam 12 malam, pokoknya satu jam sekali itu ada getaran," ujar Nurlaila. 

Untuk melihat seberapa besar getaran gempa, warga mengukurnya menggunakan air di dalam galon. Bila gelombang pada air galon cukup besar, maka gempa juga besar. 

"Untuk lihatnya pakai galon. Kalau air di galon itu gelombangnya tinggi itu gempanya keras, kalau gak keras gelombang air galon kecil," ujar Nurlaila. 

Ia pun memutuskan tinggal di tanah lapang dekat rumahnya yang hanya dipayungi terpal. Bersama 25 orang lainnya, Nurlaila makan sahur dan buka di tenda tersebut. 

"Di sini ada 25 orang, lansia ada 5, mereka sakit semua. Ada yang sempat dibawa ke rumah sakit terus sehari sudah pulang," pungkas dia. 

Gempa bumi masih terus dirasakan oleh warga Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Terbaru, gempa dengan magnitudo 4,4 kembali mengguncang sekitar 04.05 WIB, Selasa (26/3/2024).

Dalam laporan yang diterbitkan oleh BMKG, gempa bumi yang berpusat di laut 123 km Timur Laut Tuban dengan kedalaman 6 km itu terasa oleh warga Bawean. Skala intensitas yang dirasakan yakni II - III MMI.

Nah, skala intensitas II - III MMI menurut BMKG ini berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran juga dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

Baca Juga: Bawean Berstatus Tanggap Darurat Bencana Gempa Selama 21 Hari

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya