Gempa M 5,9 di Pacitan, Warga: Terasa Getaran Tapi Sudah Biasa

Tapi harus tetap waspada

Pacitan, IDN Times -  Kabupaten Pacatan, Jawa Timur diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,9, Senin (9/1/2023). Warga akui sudah biasa rasakan getaran. 

Salah satu Warga Desa Donorojo Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Andi Widianto (37) mengaku merasakan gempa saat berada di masjid. Getaran gempa juga dirasakan dalam waktu yang singkat. "Gempa terasa sebentar tapi tidak ada kepanikan. Disini gempa segitu biasa," ujar Andi. 

Ia menyebut, telah mendapat SMS peringatan dari BMKG. Gempa juga tidak menimbulkan kerusakan.  "Warga juga sudah dapat sms dari BMKG. Tadi saya di masjid pas gempa terjadi, tidak ada kerusakan di sini," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Picatan, Jawa Timur diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,9, Senin (9/1/2023). Gempa tersebut terjadi pukul 19.26 WIB. Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di 107 Km Tenggara Kabupaten Pacitan. Kedalaman gempa 10 kilometer. 

"Gempa Mag:5.9, 09-Jan-2023 19:26:29WIB, Lok:9.15LS, 111.12BT (107 km Tenggara PACITAN-JATIM), Kedlmn:10 Km # " tulis BMKG di akun Twitternya.

Gempa tidak menimbulkan tsunami. Namun, masyarakat tetap diminta untuk waspada. "Disclaimer Dalam beberapa menit pertama setrlah gempa, parameter gemla dapat berubah dan boleh jadi belum akurat kecuali telah dianalisis ulang seismolog," tulis BMKG. 

Baca Juga: Pacitan Gempa M 5,9, Tidak berpotensi Tsunami

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya