Gempa M 5,0 di Laut Tuban, BMKG : Rangkaian Gempa Susulan

Sudah 580 kali gempa susulan terjadi

Surabaya, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 kembali terjadi di Laut Tuban, Rabu (17/4/2024) pukul 15.15 WIB. Gempa tersebut merupakan rangkaian gempa susulan yang terjadi pada Jumat (22/3/2024) lalu yang memiliki kekuatan magnitudo 6,0. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,83° LS ; 112,31° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 122 Km arah TimurLaut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas  sesar aktif  di Laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip," ujarnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di Pulau  Bawean dengan skala intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Gempa  terasa getaran seakan truk berlalu.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,"  kata dia. 

Daryono menyebut, gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi Laut Jawa  dengan magnitudo 6,0 yang terjadi pada hari Jumat (22/3/2024) lalu. Hingga hari ini gempa susulan terjadi sebanyak 580 kali. 

"Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 580 aktivitas gempa bumi di lokasi yang berdekatan," 

 BMKG merekomendasikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya. 

Baca Juga: Gempa M 5,0 Kembali Guncang Tuban

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya