Gempa Bantul 6,4 M, Terasa hingga Surabaya dan Sekitarnya

Gempa terasa hingga Jawa Timur

Surabaya, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 6,4 Magnitudo mengguncang Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (30/6/2023) malam. Getarannya dirasakan warga di sejumlah daerah di Jawa Timur seperti Trenggalek, Tulungagung, Madiun hingga Surabaya dan sekitarnya. 

Berdasarkan data dari BMKG, gempa terjadi pukul 19. 57.43 WIB. Pusat gempa berada di 86 Km Barat Daya Bantul, Yogyakarta, gempa tidak berpotensi tsunami. 

"Gempa Mag:6.4, 30-Jun-23 19:57:43 WIB, Lok:8.63 LS,110.08 BT (86 km BaratDaya BANTUL-DIY), Kedlmn:25 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG. 

Salah satu warga Trenggalek Nanda, mengatakan ia merasakan getaran gempa saat dirinya sedang tiduran di rumah. Getaran itu terasa sekitar kurang satu menit. 

"Kerasa satu menit, tetanggaku keluar semua ke jalan. Sampai sekarang masih di pinggir jalan karena getaran gempa cukup kencang," katanya.

Sama halnya dengan Nanda, Selvi Wang warga Surabaya yang tengah berada di gedung kantor lantai 2 juga merasakan getaran gempa. 

"Aku ada di lantai 2. Pas duduk-duduk. Kerasa lumayan, gak tau berapa lama pokoknya kerasa," ungkap Selvi. 

Beberapa warga yang tinggal di Madiun, Tulungagung dan sekitarnya juga merasakan gempa meski beberapa detik. "Kalau pas kondisi diam terasa banget, sekitar 4 detik," ujar Fathoni warga Madiun.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 6,4 Guncang Bantul, DI Yogyakarta

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya