DPRD Usul Nakes Ditambah karena Puskesmas Surabaya Buka 24 Jam

Kesehatan nakes juga penting

Surabaya, IDN Times - Puskesmas di Kota Surabaya buka selama 24 jam mulai 1 November 2023. Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah, mengusulkan agar jumlah tenaga kesehatan (nakes) bisa ditambah. 

Khusnul mengatakan, dirinya mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ini. Kebijakan tersebut akan untuk memberi layanan maksimal kepada masyarakat. 

Dengan ditingkatkannya jam operasional puskesmas ini, kata Khusnul, itu artinya ada tambahan jam kerja di puskesmas. Untuk itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini meminta adanya tambahan tenaga kesehatan (nakes) dimasing-masing puskesmas. 

“Kalau puskesmas beroprasi 24 jam, itu artinya ada tambahan jam kerja. Sehingga penambahan nakes menjadi hal penting yang harus diperhatikan Pemkot Surabaya. Jangan sampai tidak menambah tenaga, kasihan para nakesnya nanti karena ada penambahan jam kerja,” kata Khusnul, saat dihubungi, Rabu (7/11/2023).

Bila nakes tidak ditambah, dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan nakes itu sendiri. Sebab, mereka akan bekerja maksimal. 

“Kalau tidak ditambah tenaganya, kami khawatir akan berdampak pada kesehatan dokter dan perawat yang bertugas setiap hari melayani masyarakat. Kesejahteraan nakes juga perlu dipikirkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Khusnul mendorong Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya untuk segera menyiapkan nakes baru untuk ditempatkan di puskesmas. Dengan demikian, pelayanan 63 puskesmas dapat berjalan optimal serta tidak membebani kinerja para nakes.

Ia juga meminta Dinkes Surabaya untuk menyiapkan sarana dan prasarana kegawatdaruratan yang lebih lengkap. Hal ini agar ketika pasien dalam kondisi darurat, puskemas bisa melayani. 

“Karena puskesmas ini sudah beroperasi 24 jam, jadi sarana dan prasarananya juga harus dilengkapi. Kan percuma, kalau layanan buka 24 jam, tapi sarana dan prasarana yang mendukung tidak lengkap,” pungkasnya. 

Baca Juga: Mulai November 2023, Puskesmas Surabaya Buka 24 Jam

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya