DPRD Surabaya Sesalkan Tak Ada Asuransi Pada Tiket Kenpark

Asuransi pada tiket untuk menjamin pengunjung

Surabaya, IDN Times - Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyesalkan pengelola Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya yang tak mencantumkan asuransi pada tiket masuk.

"Kenapa kok tikernya tidak dicantumkan asuransi ?" tanya Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah kepada pengelola saat menggelar rapat dengar, Senin (9/4/2022).

1. Asuransi untuk menjamin pengunjung

DPRD Surabaya Sesalkan Tak Ada Asuransi Pada Tiket KenparkWahana di Kenjeran Park yang ambrol, Sabtu (7/5/2022). Dokumentasi BPBD Kota Surabaya

Khusnul menuturkan, harusnya pengelola mencantumkan adanya asuransi. Hal ini untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung bahwa mereka terlindungi dengan adanya asuransi. 

"Karena di tiket itu tidak dimunculkan berapa asuransi yang diberikan,"

Jika pengelola mencantumkan asuransi pada tiket tersebut, maka akan ada kepastian berapa nominal santunan yang akan diberikan kepada pengunjung yang mengalami insiden.

2. Wisata berisiko tinggi harus mencantumkan asuransi

DPRD Surabaya Sesalkan Tak Ada Asuransi Pada Tiket KenparkSuasana rapat dengar DPRD Surabaya dengan pengelola Kenjeran Park, Senin (9/5/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Hal yang sama juga disampaikan Anggota Komisi D, Cahyo Siswo Utomo. Ia menuturkan, wahana wisata Kenjeran Park masuk dalam kategori beresiko

"Wahana tersebut masuk kategori resiko tinggi. Namun ini tidak secara eksplisit disebutkan, yang eksplisit misalnya wisata alam yg ada hewan liarnya, bungee jumping dan lain-lain," ujarnya.

Cahyo menuturkan, Asuransi ini diatur dalam Perda nomor 23 tahun 2012 tentang Kepariwisataan yang mengacu pada Undang-Undang Kepariwisataan. Asuransi menjadi tanggung jawab dari pengelola usaha pariwisata.

Cahyo juga mengatakan, pihak pengelola tidak cukup memberikan santunan biaya pengobatan dan santunan asuranasi saja kalau ada. Melainkan juga santunan khusus.

"Santunan ini diberikan oleh pihak pengelola secara case by case. Misalnya santunan kepada korban yang luka ringan diberikan sekali. Namun untuk yang mengalami cidera sampai cacat harus diperhatikan bagaimana sekolahnya dan pekerjaannya kelak," ujarnya.

Baca Juga: Tragedi Wahana Kenpark, Menko PMK Minta Pengelola Wisata Disiplin

3. Pengelola sebut ada asuransi tapi tak dicantumkan dalam tiket

DPRD Surabaya Sesalkan Tak Ada Asuransi Pada Tiket KenparkSuasana rapat dengar DPRD Surabaya dengan pengelola Kenjeran Park, Senin (9/5/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Sementara itu Subandi Manajer Operasional PT Bangun Citra Wisata selaku pengelola Waterpark Kenjeran mengatakan pengunjung di wahana wisatanya sudah diasuransikan ke PT Artha Guna.

Saat ditanya mengapa tidak dicantumkan dalam tiket masuk, Subandi mengatakan tidak mengetahuinya karena itu tugas dari pihak IT (Informasi Tehnologi). "Asuransi tidak dicantumkan itu karena ini pihak IT yang menyeting," tuturnya.

Baca Juga: Ambrol, Perosotan Kenpark Sudah Berusia 28 Tahun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya