Dampak Gempa Tuban, Pasien RSUA Surabaya Dirawat di Luar Gedung

BPBD mendirikan tenda untuk pasien

Surabaya, IDN Times - Gempa yang terjadi di Tuban pada Jumat (22/3/2024) mengakibatkan sebagian gedung Rumah Sakit Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya rusak. Para pasien pun dievakuasi keluar ruangan. 

Pantauan IDN Times di lapangan, para pasien tersebut terlihat memenuhi halaman RSUA Surabaya. Pasien berada di tempat tidur dan ada pula yang berada di kursi roda.

Terlihat sejumlah petugas dari BPBD Kota Surabaya mulai mendirikan tenda untuk pasien. Satu persatu pasien pun mulai masuk ke dalam tenda tersebut. 

Salah satu keluarga, Desi (41) mengatakan, saat gempa terjadi ia berada di ruang rawat ianp lantai tiga sedang menunggu ayahnya yang sakit. Tiba-tiba ia merasakan getaran yang lumayan kuat.

"Gempa yang ketiga ini kebetulan saya proses pengobatan bapak, terus tiba-tiba gempa tadi itu, goyang, tembok hampir roboh saya panik," ujar Desi. 

Kemudian, sejumlah perawat datang membantu mengevakuasi ayah Desi. Saat evakuasi ke bawah bersama ayahnya,  Desi mendengar teriakan dan tangisan dari pasien, bahkan ada pula yang terjatuh karena panik. 

"Turun aman, banyak tangisan, panik, pasien dan keluarga, ada yang jatuh, saya dan ayahh saya gak pakai tempat tidur, evakuasi jalan kaki, lewat pintu darurat," kata Desi. 

Sementara keluarga pasien lain, Safi'i mengatakan, saat gempa terjadi ia sedang akan menemani ibunya Hosiyah operasi payudara. Karena ada gempa, operasi pun tak jadi dilakukan. 

"Saya ada di lantai tiga gempa pertama ada saya ada di lantai 7, ibu mau operasi, terus ada gempa susulan gak jadi operasi, trus dipindah di lantai 3, jam 4 itu baru evakuasi kita turun," kata dia. 

Safi'i bersama ibunya dievakuasi menggunakan kursi roda lewat pintu darurat. Ia melihat orang-orang sudah semburat keluar ruangan.

"Saya lihat sih tidak ada ada korban, kayaknya di dalam ada plafon yang jatuh," sebut dia.

Mereka kemudian berkumpul bersama pasien lain di halaman RSUA Surabaya. Sampai pukul 19.32, para pasien masih tampak dirawat di luar gedung yang dipasang tenda-tenda.

Baca Juga: Tuban Gempa 32 Kali: 2 Luka Ringan dan Bangunan Rusak

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya