Ciki Ngebul Memakan Korban, Begini Penjelasan Ahli Kimia UNAIR

Tidak beracun tapi cukup bahaya

Surabaya, IDN Times - Snack ciki ngebul menyebabkan tujuh siswa Sekolah Dasar (SD) di Tasikmalaya, Jawa Barat beberapa waktu lalu mengalami mual, muntah, dan begah perut. Ahli Kimia Universitas Airlangga (UNAIR) pun angkat bicara. 

Dosen Kimia Farmasi Fakultas Farmasi (FF) Universitas Airlangga (UNAIR) Drs apt Marcellino Rudyanto MSi PhD, mengatakan, ciki ngebul yang terbuat dari nitrogen cair ini merupakan senyawa inert atau tidak bereaksi dengan senyawa lain. 

“Senyawa ini tidak memiliki sifat beracun tapi bukan berarti tidak memiliki bahaya,” katanya, Selasa (10/1/2023). 

Nitrogen memiliki titik didih yang sangat rendah yaitu -196 derajat celcius. Jika tubuh manusia terpapar nitrogen cair dalam waktu yang lama, sel tubuhnya akan membeku atau mati. 

"Nitrogen pada dasarnya tidak memiliki manfaat bagi tubuh, keberadaannya hanya menambah keindahan dalam sebuah hidangan. Kendati demikian, nitrogen cair bermanfaat dalam berbagai bidang, misalnya untuk mengawetkan sampel biologis atau mendinginkan instrumen yang menggunakan magnet superkonduktor," jelas dia. 

Meski begitu ia tetap meminta orang tua untuk berhati-hati dalam melakukan pengawasan terhadap jajanan yang dikonsumsi oleh anak. Apabila anak terlanjur mengonsumsi ciki ngebul tapi tidak terjadi keluhan, maka seyogyanya orangtua memberi pengertian kepada anak untuk tidak mengonsumsinya kembali.

"Jika setelah mengonsumsi lalu terjadi kelainan pada saluran pencernaan maka segera bawa ke pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Guna mencegah agar peristiwa keracunan ciki ngebul tidak terulang kembali, penggunaan nitrogen cair pada makanan harus dibatasi. Hendaknya hanya chef bersertifikat yang dapat menggunakan senyawa ini. Meski demikian, kehati-hatian tetap diperlukan dalam penggunaannya.

“Nitrogen bisa bermanfaat untuk membekukan makanan secara cepat. Tapi ketika disantap harus dipastikan nitrogen sudah menguap meski makanannya masih beku,” tutupnya. 

Baca Juga: 28 Anak di Jabar Keracunan Snak 'Ciki Ngebul'

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya