Cerita Amadeo, Mahasiswa ITS Peraih Nilai UTBK SNBT Tertinggi

Nilai UTBK hanya angka katanya

Surabaya, IDN Times - Amadeo Yesa merupakan mahasiswa baru Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Ia menjadi peraih skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tertinggi di Indonesia. Belakangan namanya viral usai video ospek dirinya di media sosial yang mengatakan bahwa nilai UTBK hanya angka.

Amadeo mendapat skor tes 827,94. Dirinya mendapat nilai tertinggi dari 803.853 peserta tes UTBK di seluruh Indonesia. 

Kepada IDN Times, mahasiswa baru yang akrab disapa Deo itu bercerita memang sangat berambisi untuk bisa diterima di Departemen Teknik Informatika ITS. Saat duduk di bangku sekolah di SMA Rajawali Makasar, ia giat belajar agar dapat diterima di kampus impiannya itu. 

"Aku dari dulu kalau ditanya pengen kuliah di mana, di ITS, jadi memang udah pengen ke ITS," ujarnya, Selasa (8/8/2023). 

Deo pun berharap dirinya dapat diterima lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Sayangnya, ketika pengumuman itu keluar, ia gagal.

"Aku gak berhasil, tapi aku ikut bimbel buat siap-siap ikut SNBT," katanya. 

Ia tak lantas menyerah begitu saja, ambisinya itu terus membuatnya giat belajar. Deo tak punya waktu pasti berapa jam ia belajar, yang jelas setiap hari ia konsisten mengerjakan latihan soal. 

"Aku sih latihan yang banyak, aku konsisten pokoknya tiap hari latihan, cuma sebentar yang penting terlatih," jelasnya. 

Selain latihan mengerjakan soal, Deo juga tak lupa meminta doa restu orang tua. Ia juga tak lupa selalu berdoa meminta kemudahan kepada tuhan. 

Usahanya itu tak sia-sia, Deo pun lolos dan diterima di Departemen Teknik Informatika ITS. Bahkan, ia mendapat skor tertinggi dari ratusan ribu peserta UTBK SNBT di seluruh Indonesia. 

"Seneng banget, akhirnya bisa masuk ITS," ungkap Deo. 

Deo mengaku, ITS menjadi kampus impiannya karena memang dia ingin berkuliah di Surabaya. Apalagi menurutnya Departemen Teknik Informatika ITS adalah Departemen Teknik Informatika terbaik di Indonesia. 

"Kuliah ingin ambil informatika, informatika yang terbaik di ITS, jadi ngambilnya di ITS," jelasnya. 

Deo pun berpesan, kepada teman-temannya yang berjuang mendapatkan kampus terbaik untuk tak patah arah. Selain belajar, ia berpesan agar para pejuang universitas juga tak lupa berdoa. 

"Tetap semangat buat teman-teman, tetap berdoa, dan rendah hati," pesannya.

Baca Juga: ITS Daftarkan Nama Merek ITS University ke Kemenkumham

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya