Cegah KBGO, FJPI Gelar Workshop untuk Jurnalis Perempuan di Surabaya

Perempuan rentan jadi korban KBGO

Surabaya, IDN Times - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) menggelar workshop Kekerasan Berbasis Gander Online (KBGO) selama dua mulai Jumat (10/5/2024) hingga Sabtu (11/5/2024) di Hotel Regantris Surabaya bertajuk "KBGO Untuk Jurnalis Perempuan". Workshop untuk ini bertujuan memberikan edukasi dan pencegahan KBGO bagi jurnalis perempuan di Surabaya. 

Kasus KBGO semakin meningkat seiring tingginya penggunaan internet, dan media sosial di Indonesia. Berdasarkan data dari Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, sebagian besar korbannya adalah perempuan.

Workshop berisi tentang pemahamanan KBGO, jenis,dampak dan cara menghindarinya. Materi tersebut disampaikan oleh Ketua FJPI, Uni Lubis. 

"Workshop ini adalah salah satu bentuk upaya belajar bersama. Kita bersama-sama meski ikut membantu menyebarkan tentang pentingnya mencegah dan bagaimana mengenani pelecehan sesksual," ujarnya saat sambutan.

Para jurnalis perempuan ini juga mendapatkan materi tentang penanganan KBGO dengan pendekatan teknologi dari SAFEnet. Materi berisi tentang pelatihan safety and security digital. 

Workshop KBGO bagi Jurnalis Perempuan ini digelar di lima kota, masing masing di Medan, Pontianak, Surabaya, Sorong, dan Manado. Di Surabaya sendiri, dilaksanakan di Hotel Regantris Surabaya, selama dua hari sejak 10 - 11 Mei 2024.

Selain Workshop, FJPI juga menggelar pemaran foto bertema "We Work Too". Setidaknya ada 15 karya foto dari jurnalis perempuan di seluruh Indonesia yang dipamerkan. 

Baca Juga: KemenPPPA: Modus Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi Berbeda-beda

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya