Cak Sapari Diabadikan Menjadi Nama Sanggar Ludruk dalam Film Lara Ati

Cak Sapari belum sempat main film

Surabaya, IDN Times - Seniman Ludruk, Cak Sapari telah berpulang, Kamis (15/9/2022). Ia meninggalkan bahwa kenangan bagi warga Surabaya dan pencinta seni ludruk Indonesia. Bahkan, di akhir hayatnya ia juga masih berkarya dengan memerankan sosok Cak Tono dalam Lokadrama karya Bayu Skak berjudul Lara Ati. Sayangnya, saat Lara Ati dirilis dalam bentuk film, Cak Sapari tak bisa ikut main lantaran kondisi kesehatannya yang terus menurun. 

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji. Armuji yang juga main dalam Lokadrama Lara Ati mengatakan, awalnya Cak Sapari memang direncanakan main dalam Film Lara Ati. Namun, karena kondisi kesehatannya memburuk, ia pun batal.

"Belum sempat, karena sakit, pada saat mau pembukaan beliau sudah sakit," ujar Armuji, ditemui di rumah duka Cak Sapari, Kamis, (15/9/2022).

Meski begitu, agar Cak Sapari tetap diingat, nama Cak Sapari dijadikan sebagai nama sanggar dalam film tersebut. "Sanggar yang kita pakai, kita namakan, Ludruk Sapari, untuk bisa mengangkat nama beliau ke tingkat nasional, karena Lara Ati, baik lokadrama dan filmnya kan tingkatnya nasional," katanya. Film Lara Ati sendiri bakal tayang perdana hari ini, tepat di hari kematian sang legenda.

Selain Armuji, sahabat Cak Sapari, Cak Kartolo juga hadir di rumah duka. Cak Kartolo mengatakan, banyak kenangan dirinya bersama Sapari. Sebab, dirinya kerap bermain Ludruk satu panggung dengan Kartolo. "Orangnya meneng (diem) titen (teliti) dan tidak ada pola-pola (aneh) itu yang membuatnya bisa sukses," kata Kartolo. 

Sosok Cak Sapari dan Kartolo sendiri tak bisa dipisahkan. Mereka pertama kali dipersatukan dalam program roadshow RRI pada tahun 1971. Saat itu, RRI memiliki program seni unggulan di frekuensi 96,8 FM dan 585 FM, yakni Pro4. 

Sapari pun bergabung bersama Kartolo dan keempat rekan lainnya, yakni Basman, Sokran, Blonthang, dan Tini untuk menghibur masyarakat Surabaya. Sejak saat itu, grup ini dikenal dengan nama Kartolo Cs.

Setelah melewati pasang surut karir dan menghibur jutaan pencinta ludruk, Cak Sapari meninggal dunia pada Kamis (15/9/2022) pukul 04.30 WIB. Ia tutup usia di usia 80 tahun.

Baca Juga: Cak Sapari Legenda Ludruk Meninggal Dunia, Berikut Profil Lengkapnya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya