Cak Imin Mulai Blusukan ke Kampus, Trunojoyo Jadi Awalan

Katanya pengin nyerap aspirasi

Bangkalan, IDN Times - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mulai blusukan ke kampus. Blusukan itu ia mulai di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Rabu (22/2/2023). 

Tujuannya ke UTM itu untuk menyerap aspirasi terkait berbagai persoalan yang muncul di lingkungan perguruan tinggi. Serap aspirasi dan ide itu ia beri tajuk "Menjemput Pesan Kampus".

1. Cak Imin ingin majukan Madura

Cak Imin Mulai Blusukan ke Kampus, Trunojoyo Jadi AwalanCak Imin Blusukan ke Universitas Trunojoyo Madura. (Dok. istimewa).

Cak Imin mengatakan, UTM menjadi awalan blusukannya ke kampus dengan tujuan membantu kemajuan di pulau Madura. Jika Madura maju, ia yakin daerah lain juga. 

"UTM menjadi ronde pertama Menjemput Pesan Kampus karena kita tahu kalau UTM maju, insyallah Madura maju. Kalau UTM melejit melampaui perguruan tinggi lainnya maka insyallah Jawa Timur akan maju. Semua harapan dan aspirasi sudah saya catat tertulis," ujarnya. 

Dari berbagai pesan yang disampaikan para civitas akademik UTM, Ketua Umum PKB itu menyebut, ada satu hal penting yang harus dijadikan landasan untuk mencapai kemajuan yakni kerja keras untuk bersama-sama mentransformasikan masyarakat dalam mendorong pemerataan kemajuan.

"Kampus sebagai pusat ilmu pengetahuan tidak boleh hanya menjadi menara gading. Gus Dur mendirikan UTM bukan hanya ingin membuat perguruan tinggi yang bergengsi, tapi bagaimana bisa menjadikan masyarakat Madura lebih maju," katanya.

Hal penting lainnya adalah bagaimana kampus di seluruh Indonesia bisa membuktikan berbagai temuannya bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Bukan sekadar melakukan penelitian, lebih dari itu bagaimana hasil penelitian kampus bisa dijadikan sebagai landasan pemerintah dalam mengambil sebuah kebijakan. 

Baca Juga: Cak Imin: Tak Logis bila MK Putuskan Sistem Pemilu 2024 Tertutup

2. Cak Imin akui datang ke Kampus semakin memotivasi dirinya

Cak Imin Mulai Blusukan ke Kampus, Trunojoyo Jadi AwalanCak Imin Blusukan ke Universitas Trunojoyo Madura. (Dok. istimewa).

 Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra ini juga menuturkan,  UTM dengan segenap aspirasi dan tantangannya menjadi motivasi bagi Cak Imin untuk mewujudkan cita-cita di masa yang akan datang sebagai pemimpin nasional.

"Insyallah pesan kampus dari UTM ini akan menjadi pesan utama yang akan kita usung di masa yang akan datang. Pesan kampus ini bagian agar Indonesia bekerja sesuai mandat para ilmuan demi kemajuan bangsa," katanya.

3. Rektor UTM senang dengan kedatangan Cak Imin

Cak Imin Mulai Blusukan ke Kampus, Trunojoyo Jadi AwalanCak Imin Blusukan ke Universitas Trunojoyo Madura. (Dok. istimewa).

Rektor UTM Dr Safi' pun senang dengan Blusukan yang dilakukan Cak Imin. Hasil penyampaian pesan ke Cak Imin tersebut yakni, bagaimana kampus tidak bisa hanya melaksanakan tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarajat. Lebih dari itu, bagaimana kampus bisa berperan lebih dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

"Di antaranya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar kampus," ujar Rektor UTM ini.

Baca Juga: Elektabilitas Erick Thohir Unggul dari Khofifah hingga Cak Imin

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya