Besok IMM Jatim Gelar Aksi Bela Palestina ke Konjen AS di Surabaya

AS disebut ikut membantu Israel

Surabaya, IDN Times - Diperkirakan 1000 anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Timur akan menggeduruk Kanto Konsulat Jendral (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Surabaya, Selasa (7/11/2023). Mereka turun jalan karena menilai AS telah memberi dukungan kepada Zionis Israel atas penyerangan di Palestina. 

Ketua DPD IMM Jatim, M Firdaus mengatakan, penggerudukan di Konjen AS itu dilakukan karena diketahui, Amerika Serikat (AS) merupakan negara adidaya dan sekutu setia yang menyokong kebutuhan Israel. Pada tahun 2016, Amerika Serikat melalui mantan presidennya Barack Obama menandatangani perjanjian untuk memberikan bantuan militer kepada Israel sebesar USD 38 miliar atau setara Rp. 546 trilliun selama 2017-2028.

"Aksi yang dilakukan Amerika Serikat ini, yang mendukung penuh serangan brutal pasukan Zionis Israel terhadap Palestina menuai banyak kecaman dari berbagai dunia intersional. Bahkan sampai ada kampanye untuk memboikot produk produk yang diproduksi oleh Amerika Serikat sebagai bentuk keberpihakan terhadap Palestina," ujarnya, Senin (6/11/2023). 

IMM Jatim pun mengeluarkan sejumlah pertanyaan sikap. Pertama, mengecam segala bentuk penyerangan yang dilakukan oleh tentara zionis Israel terhadap masyarakat sipil yang ada di Palestina. 

"Kedua, melakukan konsolidasi dan aksi perlawanan terhadap penjajahan Israel kepada Palestina," sebutnya.  

Ketiga, menegaskan bahwa Amerika Serikat merupakan antek-antek teroris dan zionis Israel yang telah melakukan penyerangan dan pembunuhan terhadap masyarakat sipil di jalur Gaza. Keempat, mengecam dan mengutuk keras keterlibatan Amerika Serikat (AS) dalam serangan Israelterhdap rakyat Palestina.

"Kelima memboikot segala bentuk produk yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan AmerikaSerikat," kata dia. 

Keenam, massa aksi juga mengusir Duta Besar Amerika Serikat dari Indonesia. Hal ini karena Amerika Serikat telah menjadi sekutu memberikan bantuan militer terhadap Zionis Israel

Baca Juga: Pria Tewas Usai Dugem di Diskotek Jalan Kenjeran Surabaya 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya