Comscore Tracker

Begini Arahan Eks Kapolres Malang Sebelum Tragedi Kanjuruhan

Tidak ada pembahasan soal gas air mata

Malang, IDN Times - Video arahan eks Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat viral di media sosial. Diketahui, arahan tersebut adalah arahan pengamanan pertandingan Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022). Dalam video tersebut, Ferli menginstruksikan kepada anggotanya untuk tidak membawa senjata api. Jika ada yang membawa, ia meminta anggotanya untuk mengamankan senjata api tersebut.

"Rekan-rekan yang pertama tolong tidak ada satu anggota yang membawa senjata api. Jadi kalau masih ada baik bintara senior ataupun perwira tolong segera diamankan dahulu," ujar Ferli dalam rekaman video tersebut.

Video berdurasi 1 menit itu, Firli menegaskan kepada anggotaya untuk tidak melalukan kekerasan yang bersifat eksesif. Anggota tidak diperkenankan menggunakan kekuatan berlebihan.

"Tolong tidak ada yang melalukan kekerasan yang sifatnya eksesif. Sepeti apapun dinamikanya, sesuaikn saja ancaman yang kita hadapi dengan penggunaan kekuatan yang kita miliki," kata Ferli.

Ferli meminta anggotanya para perwira untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap anggotanya. Tidak boleh ada anggota yang hanya menyuruh kawannya.

"Saya minta bantuan perwira lakukan pengawasan dan pengendalian terhadap rekan-rekan anggotanya. Mohon sekali tidak ada yang memakan tulang," tutur Ferli.

Video instruksi sebelum pertandingan itu dibenarkan Kasi Humas Polresta Malang, Iptu Ahmar Taufiq. Ia mengatakan, video tersebut diambil 4 jam sebelum pertandingan dimulai. "Sekitar jam 15.00 WIB lebih," kata dia. 

Baca Juga: Kesaksian dari Sudut-sudut Kanjuruhan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya