BBM Naik, Polisi di Surabaya Jaga SPBU

Biar gak ada orang yang menimbun BBM juga

Surabaya, IDN Times - Pasca diumumkannya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, sejumlah Stasiun Pengisiaan Bahan Bakar Umum (SPBU) di Surabaya dijaga oleh polisi. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya reaksi masyarakat atas kenaikan BBM.

1. Antisipasi dilakukan untuk mencegah adanya ganguan keamanan

BBM Naik, Polisi di Surabaya Jaga SPBUPolisi melakukan penjagaan di sejumlah SPBU Surabaya pasca pengumuma kebaikan BBM, Sabtu (3/9/2022). (Dok. Polrestabes Surabaya)

Kasi Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Muchamad Fakih mengatakan, penyiagaan atau penjagaan ini dimaksudkan sebagai antisipasi terjadinya potensi gangguan keamanan pasca kenaikan harga BBM.

"Antisipasi sudah koordinasi dengan SPBU-SPBU. Nah, nanti kita letakkan anggota untuk melakukan pengamanan juga anggota mobile (berkeliling)," kata Fakih melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (3/9/2022).

2. Polisi juga pantau adanya kecurangan pembelian BBM

BBM Naik, Polisi di Surabaya Jaga SPBUilustrasi harga BBM (IDN Times/Aditya Pratama)

Fakih menambahkan, penyiagaan anggota personel tersebut juga termasuk untuk mencegah adanya penumpukan konsumen atau antrean BBM. Serta mengantisipasi praktik kecurangan atau penimbunan BBM yang dapat merugikan masyarakat.

"Demi mengantisipasi adanya praktik penimbunan BBM yang kerap terjadi, pihaknya kami melakukan operasi ke tempat-tempat yang sudah banyak dicurigai menimbun BBM subsidi," tutur Fakih.

3. Suasana SPBU masih normal

BBM Naik, Polisi di Surabaya Jaga SPBUPolisi melakukan penjagaan di sejumlah SPBU Surabaya pasca pengumuma kebaikan BBM, Sabtu (3/9/2022). (Dok. Polrestabes Surabaya)

Fakih menuturkan, hingga saat ini sejumlah SPBU di Surabaya masih relatif normal. Sejumlah SPBU juga aman terkendeli.

"Untuk Wilayah Kota Surabaya sendiri sejauh ini masih relatif normal, tidak ada kejadian menonjol, situasi masih aman dan terkendali," ucap Kompol Fakih.

Selain menyiagakan personel, pihaknya juga akan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait kebijakan kenaikan harga BBM tersebut. Jajarannya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Surabaya.

"Kami berupaya terus menjaga kestabilitas harga, kalaupun ada kenaikan, tentunya yang tidak meresahkan masyarakat dan kami bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk memigitasi dampak dari kenaikan BBM itu sendiri," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Surabaya Penuhi SPBU 30 Menit Sebelum Harga BBM Naik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya