Bayu Skak Buat Lokadrama Rujak Cingur Lek Har, Apa Itu?

Masih berkaitan dengan series Lara Ati

Surabaya, IDN Times - Bayu Moekito atau Bayu Skak yang merupakan sineas Jawa Timur kembali mengeluarkan karya terbarunya lokadrama berjudul 'Rujak Cingur Lek Har'. Lokadrama 'Rujak Cigur Lek Har' ini masih berkaitan dengan karya lokadrama Bayu Skak sebelumnya berjudul Lara Ati. 

Bayu mengatakan, Rujak Cingur Lek Har adalah bagian dari mengangkat kearifan lokal Jawa Timur. Setelah dia sukses dengan karyanya berjudul 'Yowis Ben' yang berseting di Malang, Rujak Cingur Lek Har bersetting Kota Surabaya. 

"Malang kemarin terwujud di Yowis Ben, ketika Malang sudah saya ingin mengangkat Jatim, yang tidak lepas dari Jatim ya Surabaya karena Surabaya ini sentranya Jatim," ujar Produser Ruja Cingur Lek Har tersebut. 

Alasannya mengangkat tentang rujak cingur, karena rujak cingur merupakan makanan khas dari Surabaya. Rujak cingur dianggap bagian dari masyarakat Surabaya. 

"Rujak cingur karena Surabaya sendiri makanan khasnya rujak cingur, (di channel YouTube lain) Cak Silo ini kan jualannya cilok, awalnya kita mau Cak Silo menjual Bakso, tapi kita rombak menjual rujak cingur yang khas Suroboyo banget," ungkap bayu. 

Lokadrama garapan Skak Studios ini berkisah tentang Lek Har yang diperankan oleh Cak Silo yang menjaga ke-otentik-an rasa rujak cingur warisan keluarga. Lek Har sangat hati-hati dengan resep rujak cingur rahasia keluarganya. Termasuk memberi tahu pada keluarganya sendiri. Hal ini sangat beralasan karena menurut Lek Har, rasa rujak cingur yang beredar sekarang tidak lagi otentik, bahkan sudah terdistorsi atau dalam istilah gastronomi atau ilmu kuliner sudah menjadi fusion food atau makananyang berbeda.

Karena itulah Lek Har bersikeras dan tidak sembarang memberitahu pada orang lain. Bukan Lek Har tidak ingin membagi ilmu, namun dia menunggu orang yang tepat dan dapat bertanggung jawab atas resep turuntemurun dari nenek moyangnya tersebut. Hal itu menjadi amanah dari leluhur yang harus diembannya.

Cak Nano yang diperankan Cak Ukil yang selama ini berambisi besar mengincar resep tersebut tak habis akal untuk mendapatkannya. Bahkan dengan cara-cara yang takmasuk akal sekalipun. Belakangan Cak Nano seperti mendapat senjata pamungkas berupa modal dari investor untuk mendapatkan resep rahasia itu. Caranya dengan "mengakuisisi" Warung Rujak Cingur Lek Har untuk bergabung dengan usaha kuliner milik pengusaha gurita Bos Eddy Lurus Mardan dan Ochel yang diperankan Muhammad Andhikatangan kanan Bos Eddy.

Lokadrama Rujak Cingur Lek Har akan tayang setiap Kamis di YouTube Skak Studio. Karya  Bayu Skak dan kawan-kawan ini tayang mulai Senin (22/1/2024).

Baca Juga: Berlatar Kota Surabaya, Bayu Skak akan Telurkan Film "Lara Ati"

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya