Banjir di Madura, Sebagian Kabupaten Sudah Surut

Pengungsi sudah kembali ke rumah

Surabaya, IDN Times - Sejumlah wilayah di Pulau Madura terdampak banjir sejak Senin (11/3/2024). Kini, banjir di sejumlah Kabupaten sudah surut. 

Kalaksa BPBD Jawa Timur, Gatot Soebroto mengatakan, setidaknya ada tiga Kabupaten di Madura yang mengalami banjir, yakni di Bangkalan, Sampang dan Sumenep. Banjir di Bangkalan sudah surut total, sementara di Sampang dan Sumenep masih tergenang air. 

"Sudah surut (banjir di Madura) tinggal Sumenep yang masih ada sedikit," ujar Gatot kepada IDN Times, Jumat (15/3/2024).

Di Kabupaten Sumenep yang saat ini masih terendam banjir ada di dua Kecamatan yakni di Desa Patean, Kecamatan Batuan dan di Desa Sindir, Kecamatan Lenteng 

"Dampak banjir di Desa Patean, Kecamatan Batuan Jalan Trunojoyo tergenang dengan ketinggian 10 cm, sawah tergenang 6 Ha. Di Desa Sindir, Kecamatan Lenteng sawah tergenang 60 Ha," ujar Gatot. 

Kemudian di Kabupaten Sampang ada sebanyak empat kecamatan yang terdampak banjir, yakni Kecamatan Jrengik, Kecamatan Tamblengan, Kecamatan Sampang dan Kecamatan Torjun. 

"Kecamatan Jrengik, Kecamatan Tamblengan dan Kecamatan Torjun sudah surut, tinggal beberapa wilayah di Kecamatan Sampang yang belum," jelasnya. 

Gatot menyebut, kondisi banjir di Sampang sudah mengalami penurunan. Sehingga, saat ini sejumlah warga Kecamatan Sampang yang sebelumnya mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing. 

"Kondisi debit air sungai mulai mengalami penurunan. Saat ini pengungsi sudah kembali kerumah masing-masing," pungkas dia.

Baca Juga: Banjir Bangkalan Berangsur Surut, Dapur Umum Masih Layani Warga Sahur

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya