Bangkai Paus 10 Meter Terdampar di Pulau Masakambing Sumenep

Kepalanya sudah tidak ada

Sumenep, IDN Times - Bangkai paus dengan panjang 10 meter terdampar di Pulau Masakambing, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura. Bangkai tersebut ditemukan pada Jumat (30/6/2023) pukul 06.00 WIB. 

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti Sutionin mengatakan, bangkai tersebut ditemukan oleh seorang nakhoda perahu rute Pulau Masakambing - Pulau Masalembu bernama Mursyid (53). Bangkai ditemukan di rawa bakau pinggir pantai masuk Dusun Tanjung Selamat, Desa Masakambing, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep.

"Saudara Mursyid mencium bau tidak sedap atau busuk dari arah Rawa Bakau yang berjarak kurang lebih 300 meter dari Dermaga tradisional Pulau Masakambing," ujar dia.

Mursyid kemudian berinisiatif mendatangi rawa bakau dengan berjalan kaki yang pada saat itu air laut sedang surut. Setelah masuk ke dalam rawa bakau, melihat ada bangkai ikan paus. 

"Lalu saudara Mursyid memberi tahu ke warga yang lain. Selanjutnya sekira Pukul 06.30 Wib Pj Kades Masakambing mendatangi lokasi dan mendokumentasikan temuan tersebut," terang Widiarti. 

Widiarti menyebut, diketahui batok kepala ikan paus bagian atas sudah tidak ada. Kemudian, badan ikan paus sudah berubah warga menjadi putih dan mengeluarkan bau busuk. "Diperkirakan ikan paus sudah lama terdampar masuk ke rawa bakau, dan akhirnya mati," pungkasnya. 

Baca Juga: Bangkai Paus Balin Dipindah ke Jatim Park 2, Bakal Jadi Koleksi Museum

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya