Baliho Kaesang-Hendy Mulai Bertebaran di Surabaya

Maju pilwali Surabaya gak nih ?

Surabaya, IDN Times - Baliho bergambar Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep bersama Bos Kebab Baba Rafi, Hendy Setiono mulai bertebaran di Surabaya. Digadang-gadang baliho tersebut merupakan sinyal Kaesang-Hendy bakal maju sebagai pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya. 

Pantauan IDN Times, baliho tersebut tersebar di sejumlah titik. Seperti di pertigaan Jalan Bukit Darmo, Jalan Praban, Jalan Basuki Rahmat, perempatan KONI Kertajaya dan lampu merah Kedung Baruk.

1. Ada tulisan "Wayahe Sing Enom Tampil"

Baliho Kaesang-Hendy Mulai Bertebaran di SurabayaBaliho Kaesang di Surabaya. Dok. Istimewa.

Baliho tersebut juga bertuliskan "Wayahe Sing Enom Tampil" atau "Waktunya yang Muda yang Tampil" dalam bahasa Jawa.

Meski belum diketahui secara pasti siapa yang berinisiatif memasang baliho tersebut, kemunculannya sudah cukup menimbulkan spekulasi dan diskusi di kalangan masyarakat. 

Hendy Setiono sendiri memang dikenal sebagai pengusaha yang cukup populer di Surabaya dan telah lama disebut-sebut berpeluang maju sebagai calon wakil wali kota (cawawali).

Baca Juga: 1.110 Aset Tidur di Surabaya akan Disulap, Ada yang Jadi Tempat Wisata

2. PSI Surabaya tak tahu siapa yang memasang

Baliho Kaesang-Hendy Mulai Bertebaran di SurabayaKetum PSI, Kaesang Pangarep saat konferensi pers di Kantor DPP PSI pada Kamis (21/3/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Plt Ketua DPD PSI Surabaya, Shobikin mengatakan, dirinya tidak tahu siapa yang memasang banget tersebut. PSI Surabaya juga belum melakukan pembahasan tentang pencalonan Kaesang di Pilwali Surabaya. 

"Tidak tahu saya siapa yang masang. Kita belum pernah membahas tentang hal itu. Tidak ada identitas yang jelas siapa yang bertanggung jawab atas pemasangan baliho itu," jelasnya. 

3. Belum ada pembahasan di internal PSI soal Kaesang

Baliho Kaesang-Hendy Mulai Bertebaran di SurabayaKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. (www.instagram.com/@kaesangp)

Ditanya apakah PSI Surabaya bakal mencalonkan Kaesang di Pilwali Surabaya, pihaknya akan mengikuti instruksi partai. Namun demikian, sejauh ini belum ada pembahasan soal Kaesang di internal PSI Surabaya. 

"Kita manut dengan instruksi partai, yang pasti pembicaraan tentang hal itu (Kaesang di Pilwali Surabaya) belum ada," pungkasnya. 

Seperti diketahui, lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) telah merilis hasil survei Pilwali Surabaya. Hasilnya, ada nama Bos Kebab Baba Rafi, Hendy Setiono masuk dalam bursa bakal calon wakil wali Kota Surabaya. 

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut bahwa Hendy memiliki peluang besar dalam kontestasi Pilkada Surabaya 2024. Apalagi dalam survei tersebut, elektabilitas Hendy Setiono terbilang cukup kompetitif sebagai calon Wakil Wali Kota Surabaya 2024. 

"Hendy cukup kompetitif. Dalam temuan kami, elektabilitas Hendy di angka 13,1 persen untuk cawawali," tutur Baihaki Sirajt.

Kemunculan baliho yang menampilkan pasangan Kaesang Pangarep dan Hendy Setiono itu tentu menambah dinamika politik di Surabaya menjelang pilkada. Masyarakat dan pengamat politik kini menunggu langkah selanjutnya dari kedua tokoh ini serta konfirmasi resmi dari pihak-pihak terkait mengenai keseriusan pencalonan mereka.

Baca Juga: DKPP Mulai Cek Lapak Hewan Kurban di Surabaya

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya