Bacaleg Perindo Surabaya Banyak Jebolan Partai Lain

Perindo targetkan 1 Fraksi di DPRD Surabaya

Surabaya, IDN Times - Partai Perindo Kota Surabaya mendaftarkan 50 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU Surabaya, Minggu (14/5/2023) malam sekitar pukul 22.00. Mereka mendaftarkan kader-kadernya yang banyak berasal dari jebolan partai lain. 

Ketua DPD Partai Perindo Surabaya, Samuel Teguh Santoso mengatakan, bacaleg Partai Perindo tahun ini berasal dari berbagai partai politik yang sudah pindah ke Perindo, ada yang dari PSI, PDI Perjuangan hingga Partai Nasdem. 

"Hampir rata-rata dari (dari partai lain) kami belum bisa mempresentase, tapi hampir semua dapil ada," ujar Samuel. 

Teguh yakin, kader-kader tersebut mampu membawa Partai Perindo mendapatkan kursi di DPRD Surabaya. Sebab, pada pemilu 2024, Perindo belum mendapatkan kursi. 

"Bacaleg kami potensial dan sudah berpengalaman, Bapelu sudah mentraining bacaleg ini untuk strategi pemenangan, jadi kami yakin," kata dia. 

Teguh pun menarget, tahun 2024 Perindo dapat meraih kursi satu fraksi di DPRD Surabaya. Ia menyadari, partai perindo tahun 2019 belum mendapatkan kursi karena masih tergolong partai baru, belajar dari pengalamam dan evaluasi pemilu 2019, mereka yakin akan mendapatkan kursi tahun ini. 

Sementara, latar belakang kader yang didaftarkan tahun ini selain jebolan partai lain juga banyak dari kalangan pengusaha. Bahkan, ada juga dari kalangan selebriti. 

"70 persen hampir milenial, yang paling muda ada usia 21 tahun," ungkap dia. 

Sementara itu, salah satu bacaleg dari partai lain yang pindah Perindo dan mendaftarkan sebagai Bacaleg adalah Andre Setiawan. Ia sebelumnya merupakan Wakil Sekertaris PSI Surabaya. 

Andre sendiri baru bergabung ke Perindo pada 14 Mei 2023 atau saat penyerahan berkas bacaleg Perindo ke KPU. Ia telah mundur dari PSI sejak 5 Mei 2023 lalu. 

"Ini memang saya agak lain ya, biasanya politisi kalau pindah partai kan deklarasinya di kantor partai nya, dipakein seragam, nah tapi kalau saya deklarasinya di KPU langsung. Ini lebih bermakna karena langsung ada tindakan nyata untuk melanjutkan perjuangan saya." Kata Andre di kantor KPU Surabaya. 

Andre menilai, Partai Perindo adalah partai yang benar-benar mengakomodir aspirasi dan pemikiran anak muda. Kepindahannya itu juga karena ia kagum dengan sosok Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

"Dengan bergabungnya saya di Partai Perindo, saya juga akan berjuang dengan mencalonkan diri pada kontestasi Pemilihan Legislatif di Dapil 5, Kota Surabaya. Saya optimis, ini waktunya anak muda mengisi gedung dewan dan menentukan nasib Kota ini," pungkas dia. 

Baca Juga: 50 Caleg Golkar Surabaya Wajib Pasang Foto Airlangga Hartarto

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya