Anggota Polrestabes Surabaya Akan Dipasangi Bodycam

50 Bodycam akan terpasang pada tubuh petugas

Surabaya, IDN Times -  Anggota Polrestabes Surabaya akan dilengkapi dengan kamera yang menempel di tubuh atau Bodycam. Bodycam dipasang di tubuh polisi untuk menunjukkan kondisi nyata di lapangan bila ada komplain terkait penanganan kepolisian.

1. Bodycam untuk kelengkapan penyidikan kejadian di lapangan

Anggota Polrestabes Surabaya Akan Dipasangi BodycamKombes Pol Akhmad Yusep Gunawan. Dok. tribratanewspoldajatim.com

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol A Yusep Gunawan menjelaskan bahwa bodycam memiliki fungsi dan manfaat untuk menunjang pelaksanaan tugas personel di lapangan. Bodycam juga untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian di Polrestabes Surabaya baik secara terbuka dan tertutup.

"Dengan adanya bodycam di tubuh anggota maka juga akan mempermudah penyelidikan jika sewaktu-waktu ada informasi negatif tentang anggota di lapangan," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (19/3/2022).

2. Diharapkan meningkatkan profesionalitas Polri

Anggota Polrestabes Surabaya Akan Dipasangi BodycamIDN Times/Arief Rahmat

Penerapan kebijakan pemakaian bodycam pada tiap anggota baik terbuka dan tertutup diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas Polri dalam melaksanakan tugasnya. “Untuk pemakaian alat ini nantinya akan digunakan secara terbuka agar masyarakat tahu, hal ini untuk mencegah agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan hukum dan tidak terkesan Polri mencari-cari kesalahan masyarakat," ungkap Yusep.

Baca Juga: Tiga Kurir Sabu Diringkus Polrestabes Surabaya, 150 Ribu Jiwa Selamat

3. Ada sebanyak 50 unit Bodycam yang akan terpasang

Anggota Polrestabes Surabaya Akan Dipasangi BodycamIDN Times/Arief Rahmat

Dalam pengadaannya, Polrestabes Surabaya saat menandatangani kontrak kerja dengan CV Graha Solution sebagai vendor Body Camera atau biasa disebut Body Warm. Pada tahap pertama akan ada 50 unit Bodycam yang dipasangkan ke tubuh perugas.

"Kebutuhan ini sangat mendesak karena perkembangan sosial masyarakat yang mulai meningkat di tengah PPKM level 2 surabaya,” kata Yusep.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto membenarkan adanya inovasi yang dimiliki Polrestabes Surabaya ini. Menurutnya, inovasi Polrestabes Surabaya tersebut juga merupakan implementasi dari penekanan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta tentang Tugas Wewenang dan Tanggungjawab. "Itu (Bodycam) Inovasi yang baik wujud dari pelaksanaan Tugas Wewenang dan Tanggungjawab Polri," kata Dirmanto.

Baca Juga: Polrestabes Surabaya Bekuk 5 Kurir, Sita 45 Kg Sabu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya