61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya 

Jaga kebersihan, rek!

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 61 kasus penyakit tangan, kaki, dan mulut (HMFD) atau flu Singapura teridentifikasi di Kota Surabaya. Kasus tersebut sejak Januari  hingga 16 April 2024 yang dilaporkan oleh Fasyankes pada aplikasi Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya. 

Kepala Dinkes Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, jumlah kasus Flu Singapura yang teridentifikasi berdasarkan wawancara medis dan hasil pemeriksaan fisik dari gejala atau keluhan kepada pasien. Pasien telah mendapat penanganan.

"Dari kasus tersebut telah dilakukan tatalaksana layanan sesuai standar dan rawat jalan oleh dokter yang menangani," ujar Nanik, Rabu (17/4/2024). 

Ia menjelaskan, flu Singapura adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi strain Coxsackievirus dan yang paling sering adalah jenis A16. Gangguan ini disebut juga dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut (HMFD).

"Flu Singapura ini dapat menimbulkan tanda berupa lepuhan atau luka pada mulut serta ruam di tangan dan kaki, saat terjadi, gejala yang timbul umumnya ringan sehingga dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari," ungkap dia. 

Nanik menuturkan, cara antisipasi penyakit flu Singapura antara lain, rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, khususnya setelah BAB, mengganti popok anak, menyiapkan makanan, dan sebelum makan. Tidak berbagi alat makan dan minum, serta kontak dekat dengan seseorang yang sedang sakit.

"Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk, bisa dengan memakai tisu atau menggunakan lipat siku bagian dalam," kata dia.

Kemudian, rutin membersihkan dengan benar benda yang dapat menjadi media penularan virus seperti gagang pintu, meja, dan remote TV. Serta beristirahat di rumah bila sedang mengalami gejala flu Singapura, sampai kondisi benar-benar pulih.

Dinkes Surabaya mengimbau kepada warga agar segera datang ke Fasyankes terdekat apabila mengalami gejala seperti demam, sakit tenggorokan, sariawan, terasa nyeri di lidah, gusi, dan bagian dalam pipi. Kemudian nyeri perut, batuk, kehilangan selera makan dan timbul ruam. 

"Ruam, biasanya di telapak tangan, telapak kaki, dan terkadang di pantat juga. Tidak gatal, ruam mungkin tampak merah, putih, abu-abu, atau hanya terlihat sebagai benjolan kecil," pungkasnya. 

Bila timbul gejala tersebut pada tubuh, penderita diminta segera datang ke fasilitas kesehatan agar mendapat penanganan secepatnya. 

Baca Juga: 8 Ciri Flu Singapura Sudah Sembuh

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya