50 Anggota DPRD Surabaya Dilantik Besok, PDIP Jadi Ketua

Jadi anggota dewan nih!

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya bakal dilantik Sabtu (24/8/2024) besok. PDIP bakal menduduki posisi pimpinan DPRD, sebagai partai pemenang pemilihan legislatif (Pileg) 2024. 

Panitia pelaksana pelantikan telah menggelar gladi beraih pada Kamis (22/8/2024). Kepala Bagian Informasi dan Protokol DPRD Kota Surabaya, Kumbang Wilis Rimboto mengatakan, acara pelantikan nantinya akan dihadiri pejabat daerah, tokoh masyarakat, serta keluarga anggota DPRD yang dilantik. 

“Prosesi pelantikan melibatkan pengambilan sumpah dan pelantikan anggota DPRD yang baru terpilih. Selain itu, akan disampaikan sambutan dari pimpinan daerah dan agenda penting lainnya,” ujarnya, Jumat (23/8/2024).

Wakil Sekretaris DPC PDIP Achmad Hidayat mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari sekretaris dewan tentang permintaan mengusulkan nama pimpinan DPRD Surabaya 2024-2029. Nama pimpinan tersebut bersifat sementara. 

Atas permohonan surat tersebut, pihaknya kemudian berkomunikasi dengan DPD PDIP Jatim. Hasilnya, mereka mengusulkan Adi Sutarwijono kembali. 

"Nama Adi Sutarwijono yang diajukan untuk menjadi pimpinan sementara DPRD Kota Surabaya," kata dia, Jumat (23/8/2024).

Sosok yang akan diajukan sebagai ketua DPRD Surabaya definitif tengah proses pembahasan. Yang jelas saat ini, Adi Sutarwijono akan menjadi ketua sementara.

"Untuk nama definitif Ketua DPRD Surabaya, kami masih menunggu keputusan DPP. Yang pasti setelah ini diinstruksikan, seluruh jajaran partai dan seluruh anggota DPRD Kota Surabaya bisa mengamankan posisi Adi Sutarwijono sebagai pimpinan sementara," tegasnya.

Baca Juga: KPU Surabaya Tunggu PKPU sebelum Umumkan Pendaftaran Cawali

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya