1844 Personel Polisi Disiagakan Jelang Anniversary Persebaya

Polisi siap amankan konvoi Bonek

Surabaya, IDN Times - Polrestabes Surabaya menyiagakan 1844 personel untuk antisipasi konvoi pada momen malam anniversary Persebaya yang ke-97, Senin (17/6/2024). Titik pengamanan di Gelora 10 November (G10N) menjadi atensi. 

Meski tak ada acara perayaan, diperkirakan supporter Persebaya, Bonek Mania bakal menggelar konvoi dan kumpul-kumpul di sejumlah titik. Mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, massa mulai berkumpul sekitar pukul 22.00 WIB.

Pantauan IDN Times, sejumlah ruas jalan di Kota Pahlawan telah dihiasi spanduk-spanduk Bonek. Spanduk tersebut sudah terpasang beberapa hari yang lalu. 

 

1. 447 personel amankan sekitar Gelora 10 Nopember

1844 Personel Polisi Disiagakan Jelang Anniversary PersebayaWarung sate kelopo Ummik Maryam di depan Gelora 10 November Surabaya. Youtube/Budiono Sukses

Kasi Humas Polrestabes Surabaya, AKP Haryoko Widhi mengatakan, 1844 personel tersebut, bakal disiagakan di sejumlah titik. Sebanyak 447 personel ditempatkan di Gelora 10 Nopember Surabaya, Jalan Tambakrsari sebagai titik utama perayaan anniversary Persebaya. 

"Kami melakukan pendekatan terhadap koordinator Bonek yang berada di wilayah lecamatan dan kelurahan untuk tidak melakukan konvoi atau menuju ke Stadion Gelora 10 November," ujarnya. 

2. Perbatasan bakal disekat

1844 Personel Polisi Disiagakan Jelang Anniversary PersebayaIlustrasi, kondisi lalin di sekitar Tol Waru, Kamis, (28/4/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Polrestabes Surabaya juga menempatkan sejumlah personel di enam perbatasan untuk melakukan penyekat. Sebanyak 121 personel ditempat di Bundaran Waru, 122 personel di Kedung Cowek, 98 personel di Gunung Anyar, 90 personel di Romokalisari dan 59 personel di Benowo. 

"Kami melakukan penyekatan dan pengalihan arus serta memberikan himbauan terhadap massa Bonek untuk tidak melakukan konvoi dikarenakan dapat mengganggu kenyamanan masyarakat," ungkap dia.

3. Rekayasan lalu lintas di jalan tengah kota

1844 Personel Polisi Disiagakan Jelang Anniversary PersebayaJalan Tunjungan (instagram.com/8ogi)

Selain itu, dua ruas jalan yakni di Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo bakal direkayasa. Rekayasa dilakukan apabila di ruas jalan tersebut ada konvoi. 

"Rekayas lalu lintas di seputaran arus menuju Jalan Tunjungan dilaksanakan apabila dinilai jumlah pengunjung dan volume kendaraan menyebabkan kemacetan serta apabila konvoi dinilai menganggu situasi Kota Surabaya," terangnya. 

Untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan, ini sebanyak 37 rumah sakit juga telah disiagakan. 37 rumah sakit tersebut berada di Surabaya Timur, barat, selatan, dan utara. 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya