18 Polisi Lalu Lintas di Surabaya Dilengkapi Bodycam

Ayo tertib lalu lintas lur!

Surabaya, IDN Times - Anggota Satlantas Polrestabes Surabaya kini sudah dilengkapi dengan kamera yang menempel di tubuh (bodycam). Setidaknya ada 18 anggota polisi lalu lintas ini yang sudah terpasang bodycam.

"Bodycam ini merupakan instruksi dari Kapolda yang dijabarkan oleh Kapolrestabes Surabaya," ujar Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra.

1. Bodycam digunakan oleh tim pengurai lalu lintas

18 Polisi Lalu Lintas di Surabaya Dilengkapi BodycamJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Teddy mengatakan, bodycam saat ini digunakan oleh tim pengurai lalu lintas Polrestabes Surabaya. Bodycamp difungsikan untuk merekam traffic lalu lintas di Surabaya yang dapat dianalisa dari pusat Traffic Movement Management Center  milik polisi. 

"Sehingga secara live dapat memonitor pergerakan ataupun kondisi situasi arus lalu lintas di Kota Surabaya," ungkap Teddy saat dihubungi IDN Times, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Anggota Polrestabes Surabaya Akan Dipasangi Bodycam

2. Bodycam juga berfungsi untuk barang bukti penindakan

18 Polisi Lalu Lintas di Surabaya Dilengkapi BodycamPemeriksaan di Pos Penyekatan Bundaran Waru (Surabaya-Sidoarjo). Dok. Istimewa.

Selain untuk mengurai lalu lintas, bodycam tersebut juga untuk menunjang kegiatan Kamtibmas. Ketika ada tindak kejahatan, bodycam akan berfungsi sebagai barang bukti ketika Polisi menindak pelaku tindak pidana.

"Ini merupakan bentuk transparansi kegiatan kepolisian sehingga setiap pergerakan personel dapat termonitor langsung oleh perwira pengawas di TMC Satlantas Polrestabes Surabaya," ungkapnya.

3. Bodycamp bisa berfungsi selama 8 jam

18 Polisi Lalu Lintas di Surabaya Dilengkapi BodycamBundaran Waru arah Surabaya ditutup total, Rabu (7/7/2021). Dok. Ist.

Teddy menjelaskan bahwa bodycam tersebut bisa digunakan dengan durasi waktu 6 sampai 8 jam. Selain itu, bodycam tersebut juga langsung terkoneksi dengan power bank.

"Sehingga secara dinamis bisa kita lakukan sesuai dengan pemakaian pada personel," tuturnya.

Baca Juga: Amankan Maling dari Amukan, Anggota Polisi Surabaya Malah Kena Timpuk

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya