16 Pelaku Curanmor Surabaya Diringkus, Ada yang Berbekal Gunting

Dalam waktu seminggu ada 32 kasus

Surabaya, IDN Times - Dalam enam hari terakhir, sebanyak 16 pelaku pencurian di wilayah Surabaya Jawa Timur berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian. Beberapa di antaranya bahkan menggunakan alat sederhana seperti gunting untuk mencuri kendaraan bermotor.

1. Belasan pelaku curanmor di Surabaya

16 Pelaku Curanmor Surabaya Diringkus, Ada yang Berbekal GuntingPenangkapan ketiga pelaku curanmor oleh petugas Polresta Bandar Lampung. (Dok. Polresta Bandar Lampung).

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Komisaris Pol Teguh Setiawan menjelaskan, 16 pelaku yang ditangkap, 15 di antaranya terkait dengan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan 1 kasus pencurian dengan pemberatan (curat). Selain kendaraan roda dua, ada juga pelaku yang mencuri kendaraan roda empat.

"Satreskrim Polrestabes Surabaya mengamankan 16 tersangka atas 32 kasus, 31 di antaranya adalah kasus curanmor baik motor maupun mobil, dan satu kasus curat," ujarnya saat konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Senin (10/6/2024).

Teguh menyebutkan, lokasi kejadian paling banyak terjadi di wilayah Polsek Wonocolo dengan 14 kasus, kemudian Polsek Tambaksari dengan 9 kasus, dan Polsek Genteng dengan 4 kasus. Selain itu, ada juga 4 kasus yang ditangani Resmob Polrestabes Surabaya.

Baca Juga: Diduga Plus-plus, Satpol PP Satroni Dua Panti Pijat di Surabaya

2. Ada pelaku yang hanya berbekal gunting

16 Pelaku Curanmor Surabaya Diringkus, Ada yang Berbekal GuntingCuranmor Bersenpi beraksi di Bekasi. (Tangkapan layar CCTV)

Dalam pengungkapan ini, Teguh juga mendapati adanya pelaku curanmor yang hanya menggunakan gunting. Kendaraan yang diincar adalah yang tidak dikunci stang.

"Ada kejadian yang tidak kita sangka, pelaku melakukan pencurian hanya bermodalkan gunting. Pelaku sudah biasa melakukan pencurian jenis roda dua," tuturnya.

Cara pelaku beraksi adalah dengan merusak kunci pada kendaraan dan memotong kabel menggunakan gunting. Setelah itu, mereka menyambungkan kabel untuk menghidupkan kendaraan dan membawa kabur dengan mudah.

3. Imbau masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga kendaraannya

16 Pelaku Curanmor Surabaya Diringkus, Ada yang Berbekal GuntingCCTV rekam aksi curanmor di jalan Ringroad (dok.CCTV toko Dunia Bola)

Teguh mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan menjaga kendaraannya masing-masing. Ia meminta agar masyarakat menambahkan kunci tambahan pada kendaraan, seperti gembok atau kunci pada rem.

"Silakan ditambah kunci pengaman, baik kunci gembok atau rem, atau kunci-kunci ganda, sehingga mempersulit pelaku curanmor. Banyak kejadian yang terjadi karena masyarakat lupa mengunci stang kendaraannya yang diparkir di suatu tempat," pungkasnya.

Baca Juga: Resep Tahu Campur Khas Surabaya dan Cara Membuatnya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya