100 Bus Disiapkan Pemprov Jatim untuk Mudik Gratis, Daftar Mulai Besok

Yuk rek ndang daftar

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Jawa Timur menyiapkan 100 bus untuk mudik gratis di wilayah Provinsi Jatim. Pendaftaran mudik gratis mulai dibuka besok, Rabu (12/3/2024). 

Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono mengatakan, selain 100 bus untuk mudik gratis di wilayah Jatim, Pemprov Jatim juga menyiapkan 25 bus untuk para pemudik yang hendak mengikuti arus balik dari Jakarta ke Surabaya

"Kita sudah siapkan 100 bus untuk mudik gratis ini yang akan mengarah ke Kabupaten dan kota di Jawa Timur," ucap Kepala Dinas Perhubungan Jatim Nyono, Selasa (12/3/2024).

Nyono menjelaskan pendaftaran mudik gratis sudah dibuka sejak 13 sampai 20 maret 2024. Pendaftaran dapat melalui website http://mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id/. Sedangkan untuk verifikasi dilakukan 21-23 Maret 2024.

"Kami sediakan sekitar 4 ribu kuota yang akan kami siapkan dalam mudik gratis kali ini," ucapnya.

Tidak hanya membuka pendaftaran secara online, Dishub Jatim juga membuka pendaftaran secara offiline di kantor Dishub Jatim mulai 24 Maret 2024.  Syaratnya adalah membawa Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (KK) saja. "Kami buka mulai jam 08.00 sampai 15.00 WIB," jelasnya.

Nyono bilang, pihaknya juga melayani pengiriman kendaraan bermotor dari pemudik. Motor pemudik akan diangkut menggunakan truk. 

"Nantinya motor pemudik ini dinaikkan ke truk yang akan berangkat ke terminal tujuan dari pemudik," terang Nyono. 

Langkah mudik gratis ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dari pemudik. Sehingga, angka kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir..

"Dikatahui jika banyak pemudik yang tewas selama perjalanan mudik, jadi kami memberikan fasilitas mudik gratis ini," terang Nyono. 

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Tambah 11 Kereta Untuk Arus Mudik Lebaran 2024

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya