Unesa Terima 4.733 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP 2024

Jadi kampus penerima mahasiswa SNBP terbanyak

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menerima sebanyak 4.733 calon mahasiswa baru pada jalur pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2024. Sebelumnya, panitia jalur seleksi terkait telah mempublikasikan hasil SNBP secara serentak pada Selasa (26/3/2024) pukul 15.00 WIB.

Pada jalur tersebut, terhitung total keseluruhan pendaftar yang memilih Unesa sebanyak 26.037 orang. Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengatakan bahwa kampus bermoto Growing with Character ini memiliki tren pendaftar yang selalu naik dari tahun ke  tahunnya. 

1. Unesa jadi perguruan tinggi penerima mahasiswa SNBP terbanyak

Unesa Terima 4.733 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP 2024Unesa Lidah Wetan. (www.unesa.ac.id)

Rincian daya tampung mahasiswa baru Unesa tahun 2024 yakni 44% jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan 28% jalur mandiri. Jumlah mahasiswa yang lolos jalur SNBP 2024 sebesar 28%. Total keseluruhan daya tampung tersebut adalah 17.130 mahasiswa.

Daya tampung tahun ini turun jauh dari tahun lalu yang berjumlah 22.915. Walau begitu, angka penerimaan SNBP 2024 di Unesa membawanya menjadi perguruan tinggi penerima mahasiswa terbanyak disusul dengan Universitas Brawijaya (UB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca Juga: Sebanyak 1.895 Calon Mahasiswa Unair Diterima Jalur SNBP 2024

2. Total pendaftar capai puluhan ribu peserta

Unesa Terima 4.733 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP 2024Pengumuman SNBP 2024 Unesa. Instagram/official_unesa

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr. Sukarmin, M.Pd., memberikan detail bahwa memang jumlah pendaftar Unesa pada jalur SNBP tahun ini sebesar 26.037. Namun, jika meninjau dari pilihan program studi (prodi) pertama dan kedua, total pendaftar yang memilih prodi di Unesa mencapai 35.968 peserta.

"Pada jalur SNBP ini, peserta bisa memilih sampai 2 prodi. Jadi, yang pilihan pertama dan keduanya di Unesa, ada yang prodi pilihan pertamanya saja di Unesa, dan ada pula yang prodi pilihan keduanya saja di Unesa," ungkapnya.

3. Prodi dengan jumlah peminat terbanyak di Unesa

Unesa Terima 4.733 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP 2024Fakultas Ekonomi Bisnis Unesa. (feb.unesa.ac.id)

Adapun prodi yang tercatat memiliki jumlah pendaftar tertinggi di Unesa jalur SNBP 2024 antara lain S1 Manajemen, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S1 Psikologi, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu hukum, S1 Bisnis Digital, S1 Teknologi Informatika, S1 Ilmu Administrasi Negara, dan S1 Gizi.

Calon mahasiswa baru yang sudah lolos diarahkan untuk segera daftar ulang di laman https://sipenmaru.unesa.ac.id/simreg. Jangan lupa, ya, rek, jika kalian sudah dinyatakan lolos SNBP, maka tidak bisa mendaftar jalur SNBT maupun Mandiri hingga tiga tahun ke depan.

Baca Juga: Siswa Jatim Dominasi Masuk PTN Jalur SNBP dan SNBT

Kayla Jasmine Yasmara Photo Community Writer Kayla Jasmine Yasmara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya